Dale Schunk (dalam Santrock, 2011) telah menerapkan konsep efikasi diri
pada banyak aspek dari prestasi siswa. Dalam pandangannya, efikasi diri
mempengaruhi pilihan aktivitas siswa. Siswa dengan efikasi diri rendah pada
pembelajaran dapat menghindari banyak tugas belajar, khususnya yang
menantang. Sedangkan siswa dengan efikasi diri tinggi menghadapi tugas belajar
tersebut dengan keinginan besar. Siswa dengan efikasi diri tinggi lebih tekun
berusaha pada tugas belajar dibandingkan siswa dengan efikasi rendah.
Baron dan Byrne (1991) mendefinisikan efikasi diri sebagai evaluasi
seseorang mengenai kemampuan atau kompetensi dirinya untuk melakukan suatu
tugas, mencapai tujuan, dan mengatasi hambatan. Bandura dan Wood
menjelaskan bahwa efikasi diri mengacu pada keyakinan akan kemampuan
individu untuk menggerakkan motivasi, kemampuan kognitif, dan tindakan yang
diperlukan untuk memenuhi tuntutan situasi.
Bandura (dalam Santrock, 2011) percaya bahwa efikasi diri adalah sebuah
faktor yang sangat penting dalam menentukan apakah siswa berprestasi atau tidak.
Efikasi diri mempunyai banyak kemiripan dengan motivasi kemampuan
menguasai sesuatu dan motivasi intrinsik. Efikasi diri adalah keyakinan bahwa
“saya dapat” keputusan adalah keyakinan bahwa “saya tidak dapat”.
Bandura (dalam Hayati, 2009) mendefenisikan efikasi diri sebagai
keyakinan individu pada kemampuannya untuk melatih sejumlah ukuran
pengendalian terhadap fungsi diri mereka dan kejadian-kejadian di lingkungan.
Gist dan Mitchell mengatakan bahwa efikasi diri dapat membawa pada
perilaku yang berbeda diantara individu dengan kemampuan yang sama karena
efikasi diri mempengaruhi pilihan, tujuan, pengatasan masalah, kegigihan dalam
berusaha (dalam Ghufron dan Risnawita S, 2012).
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa efikasi diri secara
umum adalah keyakinan seseorang mengenai kemampuan-kemampuannya dalam
mengatasi beraneka ragam situasi yang muncul dalam hidupnya. Efikasi diri
secara umum tidak berkaitan dengan kecakapan yang dimiliki, tetapi berkaitan
dengan keyakinan individu mengenai hal yang dapat dilakukan dengan kecakapan
yang ia miliki seberapapun besarnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar