Sabtu, 30 Januari 2021

Hubungan Antara Efikasi Diri Terhadap Kreativitas (skripsi dan tesis)

Menurut Baron (dalam Munandar, 1999) kreativitas adalah kemampuan individu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas membantu individu untuk dapat menemukan berbagai alternatif jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi. Tanpa adanya kreativitas, manusia akan sulit berkembang di tengah keadaan dunia yang serba dinamis. Sternberg dan Williams (dalam Kisti dan Fardana, 2012) menyatakan bahwa untuk memaksimalkan dan mengembangkan kreativitas dibutuhkan suatu keyakinan diri untuk dapat menghasilkan sesuatu. Kreativitas tanpa diiringi oleh keyakinan diri tidak dapat berkembang secara optimal. Keyakinan yang dimaksud di sini adalah efikasi diri. Siswa yang memiliki efikasi diri tinggi akan banyak menyampaikan gagasan atau ide-ide yang baru sedangkan siswa yang tidak memiliki efikasi diri yang tinggi, siswa akan membuat pengandaian yang seharusnya tidak dilakukan sebelum mencoba suatu pekerjaan. Sehingga efikasi diri yang tinggi sangat diperlukan agar siswa mempunyai keberanian sendiri untuk mengatasi masalah- masalah yang timbul dari stimulus-stimulus yang terbentuk dari lingkungan dan siswa dapat mempertahankan pendapatnya. Hal ini diperkuat oleh Amabile (dalam Sweetman dkk., dalam penerbitan) mengatakan Siswa dengan efikasi diri yang tinggi akan dapat meningkatkan kreativitasnya dan dengan efikasi diri individu akan lebih kreatif dalam proses pemecahan masalah. Bandura (1997) efikasi diri merupakan keyakinan atau kepercayaan individu mengenai kemampuan dirinya untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan. Reivich dan Shatte (dalam Wahyuni, 2013) mendefinisikan efikasi diri adalah sebagai keyakinan pada kemampuan diri sendiri untuk menghadapi dan memecahkan masalah dengan efektif. Keyakinan yang timbul dari diri siswa diharapkan bisa menjadi bekal berprestasi dalam menghadapi hambatan dan tantangan dalam pencapaian prestasi akademik. Prestasi tidak datang begitu saja pada diri siswa yang hanya mengandalkan kesempatan, tetapi dengan adanya rasa keyakinan dan sikap bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas akan menuntun siswa dalam mencapai prestasi. Kreativitas juga dapat ditingkatkan dengan adanya motivasi berprestasi, hal ini dinyatakan oleh Sternberg ( dalam Kuntjojo dan Matulessy, 2012) yang mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang berhubungan dengan individu yang kreatif diantaranya adalah motivasi yang tinggi untuk menjadi kreatif di bidang tertentu. Hal ini sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh Directorate-General for Education an Culture, the European Commission ( dalam Kuntjojo dan Matulessy, 2012) bahwa salah satu aspek kepribadian yang mempengaruhi kreativitas adalah motivasi, termasuk di dalamnya motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan dorongan individu untuk meraih sukses dengan standar tertentu dan berusaha untuk lebih unggul dari orang lain dan mampu untuk mengatasi segala rintangan yang menghambat pencapaian tujuan. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi akan selalu ingin sukses dalam segala aktivitas. Kondisi demikian dapat menyebabkan individu menjadi gigih dalam melakukan segala aktifitasnya karena tanpa kegigihan maka kesuksesan itu hanya akan merupakan khayalan belaka. Dengan demikian salah satu penyebab munculnya kegigihan pada diri individu adalah karena motivasi dalam diri individu untuk meraih kesuksesan dan prestasi tinggi. Dengan kata lain tingginya tingkat motivasi yang dimiliki seorang individu dapat menjadi pemicu munculnya kreativitas siswa untuk menghasilkan suatu karya. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan motivasi berprestasi berkaitan erat dengan kreativitas, dimana efikasi diri sebagai keyakinan yang dimiliki bahwa siswa bisa menciptakan ide-ide yang baru, sedangkan motivasi berprestasi sebagai pendorong dalam diri siswa untuk mengembangkan kreativitas siswa. Sehingga dengan memiliki efikasi diri dan motivasi berprestasi siswa akan dapat berkreativita

Tidak ada komentar: