Sabtu, 30 Januari 2021
Hubungan Antara Efikasi Diri Terhadap Kreativitas (skripsi dan tesis)
Menurut Baron (dalam Munandar, 1999) kreativitas adalah kemampuan
individu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas membantu individu
untuk dapat menemukan berbagai alternatif jalan keluar terhadap masalah yang
dihadapi. Tanpa adanya kreativitas, manusia akan sulit berkembang di tengah
keadaan dunia yang serba dinamis.
Sternberg dan Williams (dalam Kisti dan Fardana, 2012) menyatakan bahwa
untuk memaksimalkan dan mengembangkan kreativitas dibutuhkan suatu
keyakinan diri untuk dapat menghasilkan sesuatu. Kreativitas tanpa diiringi oleh
keyakinan diri tidak dapat berkembang secara optimal. Keyakinan yang dimaksud
di sini adalah efikasi diri.
Siswa yang memiliki efikasi diri tinggi akan banyak menyampaikan gagasan
atau ide-ide yang baru sedangkan siswa yang tidak memiliki efikasi diri yang
tinggi, siswa akan membuat pengandaian yang seharusnya tidak dilakukan
sebelum mencoba suatu pekerjaan. Sehingga efikasi diri yang tinggi sangat
diperlukan agar siswa mempunyai keberanian sendiri untuk mengatasi masalah- masalah yang timbul dari stimulus-stimulus yang terbentuk dari lingkungan dan
siswa dapat mempertahankan pendapatnya. Hal ini diperkuat oleh Amabile (dalam
Sweetman dkk., dalam penerbitan) mengatakan Siswa dengan efikasi diri yang
tinggi akan dapat meningkatkan kreativitasnya dan dengan efikasi diri individu
akan lebih kreatif dalam proses pemecahan masalah.
Bandura (1997) efikasi diri merupakan keyakinan atau kepercayaan individu
mengenai kemampuan dirinya untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas,
mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasi tindakan
untuk menampilkan kecakapan.
Reivich dan Shatte (dalam Wahyuni, 2013) mendefinisikan efikasi diri
adalah sebagai keyakinan pada kemampuan diri sendiri untuk menghadapi dan
memecahkan masalah dengan efektif. Keyakinan yang timbul dari diri siswa
diharapkan bisa menjadi bekal berprestasi dalam menghadapi hambatan dan
tantangan dalam pencapaian prestasi akademik. Prestasi tidak datang begitu saja
pada diri siswa yang hanya mengandalkan kesempatan, tetapi dengan adanya rasa
keyakinan dan sikap bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas akan
menuntun siswa dalam mencapai prestasi.
Kreativitas juga dapat ditingkatkan dengan adanya motivasi berprestasi, hal
ini dinyatakan oleh Sternberg ( dalam Kuntjojo dan Matulessy, 2012) yang
mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang berhubungan dengan individu yang
kreatif diantaranya adalah motivasi yang tinggi untuk menjadi kreatif di bidang
tertentu. Hal ini sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh Directorate-General for
Education an Culture, the European Commission ( dalam Kuntjojo dan
Matulessy, 2012) bahwa salah satu aspek kepribadian yang mempengaruhi
kreativitas adalah motivasi, termasuk di dalamnya motivasi berprestasi.
Motivasi berprestasi merupakan dorongan individu untuk meraih sukses
dengan standar tertentu dan berusaha untuk lebih unggul dari orang lain dan
mampu untuk mengatasi segala rintangan yang menghambat pencapaian tujuan.
Siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi akan selalu ingin
sukses dalam segala aktivitas. Kondisi demikian dapat menyebabkan individu
menjadi gigih dalam melakukan segala aktifitasnya karena tanpa kegigihan maka
kesuksesan itu hanya akan merupakan khayalan belaka.
Dengan demikian salah satu penyebab munculnya kegigihan pada diri
individu adalah karena motivasi dalam diri individu untuk meraih kesuksesan dan
prestasi tinggi. Dengan kata lain tingginya tingkat motivasi yang dimiliki seorang
individu dapat menjadi pemicu munculnya kreativitas siswa untuk menghasilkan
suatu karya.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan
motivasi berprestasi berkaitan erat dengan kreativitas, dimana efikasi diri sebagai
keyakinan yang dimiliki bahwa siswa bisa menciptakan ide-ide yang baru,
sedangkan motivasi berprestasi sebagai pendorong dalam diri siswa untuk
mengembangkan kreativitas siswa. Sehingga dengan memiliki efikasi diri dan
motivasi berprestasi siswa akan dapat berkreativita
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar