Selasa, 26 Januari 2021

Hedonic Value (skripsi dan tesis)

 
Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Masyarakat yang memiliki hedonic value tinggi akan mencari kesenangan hidup sebanyakbanyaknya. Hedonic value dapat dideskripsikan sebagai nilai yang diterima oleh masing-masing individu pada saat mereka mengalami kesenangan dan menikmati produk yang dibeli (Babin et al., 1994; Jaini et al., 2020). Kesenangan ini termasuk pada saat melakukan upaya pelestarian lingkungan agar tidak timbul bencana nantinya. Masyarakat yang seperti ini akan menjadi peduli terhadap ingkungannya, termasuk melakukan kegiatan bakti sosial dan pembelian produk yang ramah lingkungan. The VBN Theory menyatakan bahwa salah satu karakteristik dari variabel ini berupa kepekaan individu atas tanggung jawabnya terhadap kelestarian lingkungan (Stern, 1999). Individu yang memiliki variabel ini merasa bahwa dirinya memiliki tanggung jawab secara moral untuk melestarikan lingkungan. Berdasarkan pada nilai yang dianutnya ini, demi mendapatkan kesenangan yang lebih baik, individu tersebut mau melakukan pengorbanan. Contohnya, seseorang yang memiliki kepekaan pentingnya belajar untuk mendapatkan manfaat masa depan akan merasa perlu memberikan pengorbanan waktu dan usahanya untuk belajar. Hal lain yang menjadi karakteristik variabel ini adalah kemauan untuk melakukan pengorbanan demi melakukan sesuatu yang dicintainya. Pengorbanan yang dilakukan dapat berupa material ataupun non-material. Pengorbanan material ini salah satunya adalah rela membayar harga yang lebih mahal ketika membeli produk. Sedangkan, untuk pengorbanan non-material dapat diwakili oleh pengorbanan waktu. Meskipun pembelian produk ramah lingkungan lebih mahal dan penggunaannya juga lebih memakan banyak waktu, tidak akan mengurangi minat seseorang yang memiliki hedonic value tinggi tetap membeli produk tersebut. Berdasarkan karakteristik yang sudah dijelaskan, penelitian ini beranggapan bahwa seseorang yang memiliki hedonic value tinggi akan merasa bahwa membeli produk dengan bahan alami dapat memberikan perasaan gembira baginya. Perasaan ini muncul dari dalam diri ketika seseorang merasa telah melakukan pengorbanan demi sesuatu yang dicintainya, yaitu membantu pelestarian lingkungan

Tidak ada komentar: