Dalam merencanakan strategi pemasaran, terdapat beberapa
tahapan yang perlu dilakukan untuk mencapai suatu keputusan straategi
yang akan digunakan. Bernstein et al. (2006) menyatakan bahwa ada 4
tahapan yang dibutuhkan untuk merancang suatu strategi pemasaran,
yaitu:
a. Analisis strategi: menilai kekuatan, kelemahan, peluan dan ancaman
organisasi atau perusahaan (menggunakan analisis SWOT), serta
menganalisis misi, tujuan, dan sasaran organisasi/perusahaan secara
luas.
b. Perencanaan pemasaran: menentukan tujuan dan sasaran khusus
untuk periode perencanaan yang relevan, merumuskan strategi
pemasaran inti untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, dan
menentukan program serta taktik terperinci untuk menjalankan
strategi inti.
c. Implementasi rencana pemasaran: anggota organisasi, termasuk
manajemen, staf artistik, dewan direksi, staf pendukung, dan
sukarelawan harus teredukasi tentang rencana strategi yang dibuat
dan termotivasi untuk mengimplementasikannya. Hal ini
dikarenakan implementasi rencana menunjukkan komitmen dari
orang-orang terhadap ide, sikap, perhatian, preferensi, dan
kebutuhan mereka sendiri.
d. Kontrol: langkah terakhir dari proses perencanaan strategi
pemasaran yaitu meninjau dan menyesuaikan strategi dan taktik
serta mengukur kinerja. Evaaluasi yang sering dapat berfungsi
sebagai validasi strategi saat ini, untuk merangsang modifikasi
pendekatan strategi atau tujuan itu sendiri./
Tidak ada komentar:
Posting Komentar