Jumat, 18 Oktober 2024

Dimensi dan Indikator-indikator Loyalitas


Menurut Siswanto dalam Sondak et al (2019), dimensi loyalitas karyawan
dibagi ke dalam beberapa poin utama seperti:

  1. Tanggung jawab terhadap perusahaan.
    Dalam hal ini perusahaan memiliki pengaruh yang besar terhadap
    pekerjaan yang diberikan karena dalam hal ini dinilai dengan sejauh mana
    karyawan dapat memenuhi tanggung jawab kerjanya. Selain itu, kesadaran
    terhadap apa yang dilakukann dengan bertanggung jawab atas risiko dari
    pekerjaan yang dilakukannya.
  2. Taat terhadap peraturan.
    Menaati setiap peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan dengan
    memahami bahwa kebijakan yang dibuat untuk memudahkan mencapai tujuan
    perusahaan untuk dilaksanakan dengan baik oleh karyawan perusahaan. Dengan
    cara ini maka akan menimbulkan rasa disiplin kerja oleh karyawan yang
    berpengaruh terhadap keteraturannya pekerjaan serta tujuan perusahaan.
  3. Rasa memiliki.
    Adanya rasa memiliki setiap karyawan terhadap perusahaan dimana
    tempat ia bekerja. Hal ini bisa menimbulkan sikap taat berhati-hati dan
    tanggung jawab terhadap perusahaan sehingga akhirnya menumbuhkan rasa
    loyalitas terhadap perusahaan.
  4. Kemauan untuk bekerjasama.
    Jika ada kemauan untuk bekerjasama satu sama lain hal ini akan
    memicu kerja secara berkelompok yang akan menghasilkan pekerjaan yang
    lebih baik dan belum pernah dicapai sebelumnya apabila karyawan bekerja
    secara masing-masing.
  5. Hubungan pribadi satu sama lain.
    Karyawan yang memiliki loyalitas yang tinggi akan memiliki fleksibilitas
    dalam bekerja dengan orang banyak. Pola hubungan pribadi ini diantaranya adalah
    hubungan sosial yang baik, keharmonisan dalam lingkungan kerja, situasi kerja
    dengan sugesti rekan kerja dalam tim

Tidak ada komentar: