Menurut Bernstein et al. (2006), strategi pemasaran adalah proses di
mana manajer, staf pemasaran, dan dewan direksi menentukan tujuan (ke
mana arah tujuan organisasi), strategi (bagaimana organisasi akan sampai
pada tujuan), dan mengevaluasi hasil mereka (bagaimana mereka akan tau
jika organisasi telah mencapai tujuannya). Tjiptono, Chandra dan Adriana
dalam Hendry (2015) menyatakan bahwa strategi pemasaran merupakan
rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan terhadap dampak dari
berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau
lini produknya di pasar sasaran tertentu. Perusahaan dapat menggunakan dua
atau lebih program pemasaran secara bersamaan, karena setiap jenis program
(periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan pelanggan atau
pengembangan produk) mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap suatu
permintaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar