Sabtu, 12 Oktober 2024

Pengertian Lingkungan Kerja


Sedarmayanti (2018:21) menyatakan bahwa lingkungan kerja adalah seperangkat
alat dan bahan yang dihadapi, lingkungan dimana seseorang bekerja, metode kerja
mereka, dan pengaturan untuk bekerja baik secara individu maupun sebagai tim.
Sedangkan Wijayanto (2017:41), mengatakan bahwa lingkungan kerja adalah dimana
pemangku kepentingan internal adalah kelompok atau individu bukan merupakan
bagian eksplisit dari lingkungan organisasi. Faktanya, pemangku kepentingan internal
adalah anggota organisasi di mana manajer bertanggung jawab atas kepentingan
mereka sendiri.
Nitisemito (2018:183), mengungkapkan bahwa lingkungan kerja adalah segala
sesuatu yang ada di lingkungan pekerja yang dapat mempengaruhi pelaksanaan tugas
yang diberikan, seperti kebersihan, musik, dan lain-lain. Budiyanto dan Utomo
(2019:192), menyatakan bahwa lingkungan kerja menghadirkan kenyamanan yang
tinggi bagi karyawan. Kenyamanan yang diciptakan oleh lingkungan kerja ini
mempengaruhi keseriusan karyawan di tempat kerja dan mendorong mereka untuk
bekerja lebih baik dengan dukungan lingkungan.

Tidak ada komentar: