- Rendahnya motivasi seorang karyawan
- Struktur kerja yang tidak jelas yang menyebabkan tugas dan tanggung jawab menjadi
kabur - Rancangan kerja kurang baik yang dianggap kurang menantang
- Kualitas manajemen yang rendah, yang membuat kurangnya perhatian pada konsumen
- Kemampuan kerja atasan, yang tidak mendukung kerja tim
- Terhambatnya kesempatan untuk mengembangkan karir
- Sistem kompensasi pada kinerja
- Kurang fleksibelnya waktu
Kadarwati, (2003) menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas
seorang karyawan antara lain : (1) Fasilitas yang berada ditempat kerja, (2) Tunjangan
kesejahteraan, (3) Lingkungan kerja, (4) Kompensasi. Anoraga dan Widiyanti (1993) untuk
meningkatkan loyalitas kerja seorang karyawan mempunyai beberapa cara yaitu : (1) Hubungan
yang baik antara karyawan, (2) Terbuka dalam menjalin hubungan kerja, (3) Adanya pengertian
antara pimpinan dan karyawan, (4) Memperlakukan seorang karyawan seperti rekan kerja bukan
seorang buruh, (4) Pimpinan bias menyelami kepribadian karyawannya, (5) Adanya rekreasi
seluruh anggota perusahaan.
Maka dari itu agar seorang karyawan mempunyai loyalitas yang tinggi perusahaan harus
memberi pujian pada kemajuan, menaikan upah, mempromosikan jabatan, memberitahu kepada
karyawan situasi yang terjadi dalam perusahaan, dan selalu mendengar keluhan apa dari seorang
karyawan Kadarwati, (2003) sehingga rasa ingin bertahan seorang karyawan terhadap
perusahaan itu semakin tinggi.
Jumat, 18 Oktober 2024
Loyalitas Karyawan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar