Sabtu, 12 Oktober 2024

Pengertian Persepsi Lingkungan Kerja


Menurut Thoha (2016:141-142) persepsi merupakan proses kognitif yang
dialami setiap orang di dalam memahami informasi tentang lingkungannya, baik
lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan, dan penciuman.
Kemudian Rahman (2013:48) berpendapat bahwa persepsi adalah proses
pemaknaan terhadap stimulus.
Tama & Hardiningtyas (2017:34) menjelaskan bahwa persepsi adalah
sebuah proses ketika seorang individu mengolah dan menginterpretasikan
informasi yang berasal dari stimuli yang diterima oleh panca indera.
Selain itu Alizamar & Nasbahry (2016:15) mengatakan bahwa persepsi
adalah kemampuan seseorang untuk membedakan, mengelompokkan dan
memfokuskan pikiran kepada suatu hal yang nantinya diinterpretasikannya.
Berdasarkan beberapa pendapat tokoh di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa persepsi adalah suatu proses diterimanya stimulus oleh seseorang dalam
menginterpretasikan sebuah informasi.
Menurut Gouzali Saydam (dalam Silitonga, 2020:54) lingkungan kerja
ialah keseluruhan dari sarana maupun prasarana kerja yang berada di sekitar
karyawan yang sedang melakukan pekerjaan dan dapat mempengaruhi
pelaksanaan dari pekerjaan itu sendiri.
Nitisemito (dalam Silitonga, 2020:54) mengatakan bahwa lingkungan
kerja merupakan segala sesuatu keadaan yang ada di sekitar karyawan dan dapat
memberikan pengaruh dalam menjalankan tugas-tugas yang yang telah diberikan.
Definisi lain dikemukakan oleh Serta, Reksohadiprojo & Gitosudarno (dalam
Enny 2019:56) yang menyatakan bahwa lingkungan kerja ialah kondisi kerja yang
perlu diatur yang nantinya tidak mengganggu pekerjaan para karyawan dan
diharapkan dapat memperoleh kenaikan produktifitas dan berkurangnya biaya
produksi tiap tahun
Adapun Nimran (dalam Surajio dkk, 2020:51) mengatakan bahwa
lingkungan kerja itu sebagai tempat yang dirancang oleh manajemen yang
berkaitan dengan beberapa jenis pekerjaan dalam suatu organisasi. Sedangkan
menurut Lawler & Leadpord (dalam Kaswan, 2017:568) lingkungan kerja
merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar pekerja dan dapat mempengaruhi
dirinya dalam menjalankan tugas yang dibebankan, seperti kebersihan, musik dan
lain sebagainya.
Dari beberapa teori-teori yang telah dikemukakan oleh para tokoh, dapat
disimpulkan bahwa lingkungan kerja ialah segala sesuatu keadaan yang berada di
sekitar para karyawan yang di dalamnya sedang menjalankan pekerjaannya
dengan tujuan meningkatkan kerja karyawan.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa
persepsi lingkungan kerja merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu
terhadap lingkungan di sekitar para karyawan yang di dalamnya sedang
menjalankan pekerjaannya dengan tujuan meningkatkan kerja karyawan

Tidak ada komentar: