Jumat, 18 Oktober 2024

Dimensi Iklim Organisasi


Iklim organisasi yang dirasakan individu secara positif (menyenangkan)
akan memberikan tampilan kerja yang baik dan efektif yang akan mempengaruhi
pada keberhasilan organisasi. Dimensi iklim organisasi adalah unsur, faktor, sifat,
atau karakteristik variabel iklim organisasi. Dimensi iklim organisasi terdiri atas
beragam jenis dan berbeda pada setiap organisasi. Menurut Lussier dalam Elvera et
al (2022) mengatakan bahwa dimensi iklim organisasi meliputi:

  1. Structure (Struktur)
    Struktur organisasi menggambarkan perasaan di organisasi secara baik dan
    mempunyai peran tugas jelas dalam lingkungan organisasi. Struktur tinggi jika
    anggota organisasi merasa pekerjaan mereka didefinisikan secara baik.
    Sedangkan dalam struktur rendah mereka merasa tidak ada kejelasan mengenai
    siapa yang melakukan tugas dan juga mempunyai kewenangan dalam
    mengambil keputusan.
  2. Responsibility (Tanggung Jawab)
    Menggambarkan perasan karyawan bahwa mereka memiliki sikap untuk
    tanggung jawab mereka sendiri. Dengan memiliki tanggung jawab yang tinggi
    membuat para karyawan terdorong untuk memecahkan permasalahannya
    sendiri. Sedangkan dengan tanggung jawab yang rendah menunjukkan bahwa
    karyawan tidak ingin untuk mengambil risiko.
  3. Reward (Penghargaan)
    Hal ini membuat para anggota organisasi merasa dihargai jika mereka
    dapat menyelesaikan tugasnnya dengan baik. Penghargaan tersebut merupakan
    sebuah tolak ukur dalam diselesaikannya tugas yang mereka selesaikan.
    Sedangkan penghargaan yang rendah membuat imbalan yang diberikan secara
    tidak konsisten.
  4. Warmth (Kehangatan)
    Dengan suasana yang baik maka akan membuat para karyawan nyaman
    saat berkerja, sebaliknya apabila suasana tidak baik atau tidak mendukung akan
    membuat karyawan tidak nyaman saat bekerja.
  5. Support (Dukungan)
    Perasaan percaya yang diberikan dengan saling mendukung dan terus
    berlangsung didalam organisasi. Dukungan yang tinggi akan membuat para
    anggota karyawan merasa bahwa mereka bagian tim yang berfungsi dengan
    baik dan merasa memperoleh bantuan dari atasannya, saat mengalami kesulitan
    dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan jika mendapat dukungan rendah maka
    anggota organisasi akan merasa tersisihkan.
  6. Organizational Identity and Loyalty (Identitas Organisasi dan Loyalitas)
    Dalam hal ini merupakan perasaan bangga akan keberadaannya di dalam
    organisasi dan kesetiaanya terhadap organisasi selama ia bekerja. Loyalitas
    yang tinggi dalam organisasi merupakan salah satu tujuan organisasi.
    Sedangkan loyalitas yang rendah dalam organisasi membuat para karyawannya
    tidak peduli terhadap organisasi dan tujuan yang akan dituju oleh organisasi.
  7. Risk (Risiko)
    Risiko yang dihadapi yaitu saat karyawan melakukan pekerjaanya. Saat
    menjalankan pekerjaanya tentu kita tidak akan tahu apa yang terjadi hal tersebut
    merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para karyawan

Tidak ada komentar: