Iklim organisasi yang dirasakan individu secara positif (menyenangkan)
akan memberikan tampilan kerja yang baik dan efektif yang akan mempengaruhi
pada keberhasilan organisasi. Dimensi iklim organisasi adalah unsur, faktor, sifat,
atau karakteristik variabel iklim organisasi. Dimensi iklim organisasi terdiri atas
beragam jenis dan berbeda pada setiap organisasi. Menurut Lussier dalam Elvera et
al (2022) mengatakan bahwa dimensi iklim organisasi meliputi:
- Structure (Struktur)
Struktur organisasi menggambarkan perasaan di organisasi secara baik dan
mempunyai peran tugas jelas dalam lingkungan organisasi. Struktur tinggi jika
anggota organisasi merasa pekerjaan mereka didefinisikan secara baik.
Sedangkan dalam struktur rendah mereka merasa tidak ada kejelasan mengenai
siapa yang melakukan tugas dan juga mempunyai kewenangan dalam
mengambil keputusan. - Responsibility (Tanggung Jawab)
Menggambarkan perasan karyawan bahwa mereka memiliki sikap untuk
tanggung jawab mereka sendiri. Dengan memiliki tanggung jawab yang tinggi
membuat para karyawan terdorong untuk memecahkan permasalahannya
sendiri. Sedangkan dengan tanggung jawab yang rendah menunjukkan bahwa
karyawan tidak ingin untuk mengambil risiko. - Reward (Penghargaan)
Hal ini membuat para anggota organisasi merasa dihargai jika mereka
dapat menyelesaikan tugasnnya dengan baik. Penghargaan tersebut merupakan
sebuah tolak ukur dalam diselesaikannya tugas yang mereka selesaikan.
Sedangkan penghargaan yang rendah membuat imbalan yang diberikan secara
tidak konsisten. - Warmth (Kehangatan)
Dengan suasana yang baik maka akan membuat para karyawan nyaman
saat berkerja, sebaliknya apabila suasana tidak baik atau tidak mendukung akan
membuat karyawan tidak nyaman saat bekerja. - Support (Dukungan)
Perasaan percaya yang diberikan dengan saling mendukung dan terus
berlangsung didalam organisasi. Dukungan yang tinggi akan membuat para
anggota karyawan merasa bahwa mereka bagian tim yang berfungsi dengan
baik dan merasa memperoleh bantuan dari atasannya, saat mengalami kesulitan
dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan jika mendapat dukungan rendah maka
anggota organisasi akan merasa tersisihkan. - Organizational Identity and Loyalty (Identitas Organisasi dan Loyalitas)
Dalam hal ini merupakan perasaan bangga akan keberadaannya di dalam
organisasi dan kesetiaanya terhadap organisasi selama ia bekerja. Loyalitas
yang tinggi dalam organisasi merupakan salah satu tujuan organisasi.
Sedangkan loyalitas yang rendah dalam organisasi membuat para karyawannya
tidak peduli terhadap organisasi dan tujuan yang akan dituju oleh organisasi. - Risk (Risiko)
Risiko yang dihadapi yaitu saat karyawan melakukan pekerjaanya. Saat
menjalankan pekerjaanya tentu kita tidak akan tahu apa yang terjadi hal tersebut
merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para karyawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar