Secara harfiah, personal selling berasal dari bahasa Inggris terdiri dari
dua kata yaitu personal yang artinya pribadi atau perorangan dan selling
yang artinya kegiatan atau cara yang dilakukan dalam penjualan dengan
teknik tertentu yang ada dalam pemasaran.
Dalam arti secara umum, personal selling (penjualan pribadi)
merupakan kegiatan seseorang dalam proses penjualan dengan menawarkan
dan memberikan informasi mengenai suatu barang atau jasa kepada calon
pembeli secara langsung atau dengan tatap muka. Banyak pendapat para ahli
mengenai pengertian personal selling. Swastha (2018:256) mengemukakan
bahwa:
“Personal selling merupakan interaksi langsung, saling bertatap muka
antara pembeli dan penjual. Penjual personal merupakan cara promosi
paling penting yang digunakan untuk mencapai tujuan ini. Efektifitas
kegiatan personal selling di suatu perusahaan merupakan suatu yang sangat
penting demi terciptanya kesuksesan dalam suatu penjualan.”
Ahli lain berpendapat, personal selling sebagai interaksi antar
individu, saling bertatap muka yang ditujukan untuk menciptakan,
memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang
saling menguntungkan dengan pihak lain (Nashih, 2017:5).
Selain itu pengertian lainnya, personal selling sebagai interaksi antar
pribadi, dan secara tatap muka untuk mencapai tujuan menciptakan,
memodifikasi, mengeksploitasi atau mengusahakan timbulnya suatu
hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak yang lain
(Robinson dalam Winardi, 2018: 113
Tidak ada komentar:
Posting Komentar