Jumat, 04 Oktober 2024

Pengertian penjualan pribadi (personal selling)


Penjualan pribadi (personal selling) merupakan salah satu communication
tools dalam komunikasi pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong (2013:112)
mengatakan bahwa personal selling adalah presentasi pribadi oleh wiraniaga
(tenaga penjual) perusahaan dalam rangka mensukseskan penjualan dan
membangun hubungan dengan pelanggan. Personal selling secara umum adalah
kegiatan promosi yang dilakukan sales-person dalam mengkomunikasikan
produknya kepada target pasar secara tatap muka (face-to face) yang bertujuan
untuk mendapatkan efek.
Belch (2014:599) mengemukakan personal selling sebagai suatu dyadic
communication: Thus direct and interpersonal communication lets sender
immediately receive and evaluate feedback from receiver. This communication
process, known as dyadic communication (between two people or group) allows
for more specific tailoring of the message and more personnel communication
than do many of other media discussed. Menurut Spiro dan Weitz (2010)
mendefinisikan personal selling sebagai salah satu komunikasi yang membawa
pesan sesuai dengan kebutuhan dan keyakinan spesifik dari setiap konsumen.
Sistaningrum (2012:100) mendefinisikan personal selling adalah bentuk
promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan
dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Menurut
Tjiptono (2014:224) personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap
muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk
kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman terhadap produk sehingga
mereka akan mencoba dan membelinya.

Tidak ada komentar: