Dalam penelitian indikator promosi penjualan (sales promotion) yang
dilakukan oleh perusahaan menurut Alma (2015:189-192) terdiri dari :
- Sampel brosur
Pemberian sampel berupa brosur-brosur kepada pengunjung mengenai mobil-
mobil yang dipamerkan. - Diskon
Memberikan Diskon, yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian
mobil yang dipamerkan selama masa pameran atau promosi. - Pemberian hadiah
Pemberian hadiah, yaitu perusahaan akan memberikan hadiah langsung seperti
kalender, pulpen, baju kaos, handphone dan lainnya kepada konsumen yang
melakukan transaksi pembelian. - Demo (tes drive)
Demonstrasi, yaitu peragaan untuk membuktikan keefektifan atau keunggulan
mobil, misalnya mengadakan uji coba mobil-mobil yang dijual (test drive).
Program ini biasanya dilakukan di showroom-showroom tempat penjualan
atau saat pameran. - Pemajangan (display)
Pemajangan di tempat pembelian, yaitu pemajangan mobil itempat pembelian
atau pada saat pameran untuk menarik pembeli.
Pada dasarnya sales promotion merupakan suatu bentuk kegiatan penjualan
dimana terdapat bentuk insentif seperti pemberian potongan harga, dan hadiah
langsung hingga mengarahkan konsumen melakukan keputusan pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar