Jumat, 04 Oktober 2024

Indikator promosi penjualan (sales promotion)


Dalam penelitian indikator promosi penjualan (sales promotion) yang
dilakukan oleh perusahaan menurut Alma (2015:189-192) terdiri dari :

  1. Sampel brosur
    Pemberian sampel berupa brosur-brosur kepada pengunjung mengenai mobil-
    mobil yang dipamerkan.
  2. Diskon
    Memberikan Diskon, yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian
    mobil yang dipamerkan selama masa pameran atau promosi.
  3. Pemberian hadiah
    Pemberian hadiah, yaitu perusahaan akan memberikan hadiah langsung seperti
    kalender, pulpen, baju kaos, handphone dan lainnya kepada konsumen yang
    melakukan transaksi pembelian.
  4. Demo (tes drive)
    Demonstrasi, yaitu peragaan untuk membuktikan keefektifan atau keunggulan
    mobil, misalnya mengadakan uji coba mobil-mobil yang dijual (test drive).
    Program ini biasanya dilakukan di showroom-showroom tempat penjualan
    atau saat pameran.
  5. Pemajangan (display)
    Pemajangan di tempat pembelian, yaitu pemajangan mobil itempat pembelian
    atau pada saat pameran untuk menarik pembeli.
    Pada dasarnya sales promotion merupakan suatu bentuk kegiatan penjualan
    dimana terdapat bentuk insentif seperti pemberian potongan harga, dan hadiah
    langsung hingga mengarahkan konsumen melakukan keputusan pembelian

Tidak ada komentar: