dilakukan dalam transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan oleh
dua belah pihak. Sedangkan manajemen pemasaran ialah suatu upaya
manusia untuk mencapai hasil pertukaran yang diinginkan dan membangun
hubungan yang erat dengan konsumen dengan cara yang menguntungkan
bagi perusahaan Menurut Kotler dan Amstrong (2017:4). Menurut Laksana
(2019:1), mengemukakan bahwa:
“Pemasaran adalah bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan
kegiatan transaksi produk barang atau jasa. Sehingga pengertian pasar
bukan lagi merujuk kepada suatu tempat tapi lebih kepada aktifitas atau
kegiatan pertemuan penjual dan pembeli dalam menawarkan suatu produk
kepada konsumen.”
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk
memuasakan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran
dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan (Sunyoto
2018:19). Pendapat ahli lain mengatakan, menurut Tjiptono dan Diana
(2020:3) bahwa:
“Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan,
dan menetapkan harga barang, jasa, dan gagasan untuk memfasilitasi relasi
pertukaran yang memuaskan dengan para pelanggan dan untuk membangun
dan mempertahankan relasi yang positif dengan para pemangku kepentingan
dalam lingkungan yang dinamis.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar