Jumat, 04 Oktober 2024

Pengertian keputusan pembelian


Keputusan pembelian muncul dari serangkaian proses konsumen dalam
mengenali kebutuhannya, mencari infromasi kemudian evaluasi aternatif. Berikut
beberapa definisi tentang keputusan pembelian menurut para ahli:
Pengertian keputusan pembelian, menurut Kotler dan Armstrong
(2013:226) adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli di mana
konsumen benar-benar membeli. Pengambilan keputusan merupakan suatu
kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan
mempergunakan barang yang ditawarkan. Menurut Kotler (2014:223) keputusan
pembelian yaitu : beberapa tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum
melakukan keputusan pembelian suatu produk.
Menurut Griffin dan Ebert (2013:283) Buy decision are based on rational
motives emotional motives, or both. Rational motives involve the logical
evaluation of product attributes: cost quality and usefulness. Emotional motives
involve non objective factor and include sociability, imitation of other, and
aesthetics. Keputusan pembelian menurut Kotler dan Armstrong (2013:133)
Consumer buyer behavior is the buying behavior of final consumer-individuals
and households who buy goods and service for personal consumption.
Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan pemilihan suatu
tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Proses pengambilan keputusan pada
dasarnya memerlukan ketelitian dan ketepatan dalam memutuskan akan membeli
suatu produk atau jasa Keputusan Pembelian erat kaitannya dengan perilaku
konsumen. Pengertian keputusan pembelian Drumond (2013:68), adalah
mengidentifikasikan semua pilihan yang mungkin untuk memecahkan persoalan
itu dan menilai pilihan-pilihan secara sistematis dan obyektif serta sasaran-
sasarannya yang menentukan keuntungan serta kerugiannya masing-masing.
Tjiptono (2014: 21) menyatakan keputusan pembelian adalah sebuah proses
dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk
atau merek tertentu dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif
tersebut dapat memecahkan masalahnya, yang kemudian mengarah kepada
keputusan pembelian

Tidak ada komentar: