Ada tiga aktivitas yang berlangsung dalam proses keputusan pembelian
oleh konsumen yaitu (Hahn, 2012:69) :
- Rutinitas konsumen dalam melakukan pembelian, konsumen membutuhkan
dan memakai produk secara rutin, sehingga akan terus memutuskan untuk
melakukan pembelian produk tersebut. - Kualitas yang diperoleh dari suatu keputusan pembelian, konsumen dalam
membeli produk akan merasakan manfaat dari produk yang dibelinya. - Komitmen atau loyalitas konsumen untuk tidak mengganti keputusan yang
sudah biasa di beli dengan produk pesaing. hal ini terjadi apabila konsumen
merasa tidak puas atas produk yang dibelinya
Keputusan pembelian yaitu sebuah proses penilaian terhadap beberapa
pilihan yang nantinya akan dipilih satu, dua atau lebih yang disesuaikan dengan
kebutuhan dan keinginan pelanggan. Menurut Swasta dan Irawan (2012:118),
terdapat tujuh komponen keputusan pembelian yaitu : - Keputusan Tentang Jenis Produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli produk atau
menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain. Dalam hal ini perusahaan harus
memusatkan perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli produk
serta alternatif lain yang mereka pertimbangkan. - Keputusan Tentang Bentuk Produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk memilih bentuk produk tertentu.
Keputusan tersebut menyangkut ukuran, mutu, suara, corak, dan sebagainya
yang dapat menjadi pertimbangan setiap konsumen. Dalam hal ini perusahaan
harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen
tentang produk bersangkutan agar dapat memaksimalkan keputusan
pembelian. - Keputusan Tentang Merek
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merek mana yang akan dibeli.
Setiap merek memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini
perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merek. - Keputusan Tentang Penjualnya
Konsumen harus mengambil keputusan dimana produk tersebut akan dibeli.
Dalam hal ini, produsen, pedagang besar, dan pengecer harus mengetahui
bagaimana konsumen memilih penjual tertentu. - Keputusan Tentang Jumlah Produk.
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang
akan dibelinya pada saat itu. Dalam hal ini perusahaan harus mempersiapkan
banyaknya produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari
pembelinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar