Jumat, 04 Oktober 2024

Proses keputusan pembelian


Ada tiga aktivitas yang berlangsung dalam proses keputusan pembelian
oleh konsumen yaitu (Hahn, 2012:69) :

  1. Rutinitas konsumen dalam melakukan pembelian, konsumen membutuhkan
    dan memakai produk secara rutin, sehingga akan terus memutuskan untuk
    melakukan pembelian produk tersebut.
  2. Kualitas yang diperoleh dari suatu keputusan pembelian, konsumen dalam
    membeli produk akan merasakan manfaat dari produk yang dibelinya.
  3. Komitmen atau loyalitas konsumen untuk tidak mengganti keputusan yang
    sudah biasa di beli dengan produk pesaing. hal ini terjadi apabila konsumen
    merasa tidak puas atas produk yang dibelinya
    Keputusan pembelian yaitu sebuah proses penilaian terhadap beberapa
    pilihan yang nantinya akan dipilih satu, dua atau lebih yang disesuaikan dengan
    kebutuhan dan keinginan pelanggan. Menurut Swasta dan Irawan (2012:118),
    terdapat tujuh komponen keputusan pembelian yaitu :
  4. Keputusan Tentang Jenis Produk
    Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli produk atau
    menggunakan uangnya untuk kebutuhan lain. Dalam hal ini perusahaan harus
    memusatkan perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli produk
    serta alternatif lain yang mereka pertimbangkan.
  5. Keputusan Tentang Bentuk Produk
    Konsumen dapat mengambil keputusan untuk memilih bentuk produk tertentu.
    Keputusan tersebut menyangkut ukuran, mutu, suara, corak, dan sebagainya
    yang dapat menjadi pertimbangan setiap konsumen. Dalam hal ini perusahaan
    harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen
    tentang produk bersangkutan agar dapat memaksimalkan keputusan
    pembelian.
  6. Keputusan Tentang Merek
    Konsumen harus mengambil keputusan tentang merek mana yang akan dibeli.
    Setiap merek memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini
    perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merek.
  7. Keputusan Tentang Penjualnya
    Konsumen harus mengambil keputusan dimana produk tersebut akan dibeli.
    Dalam hal ini, produsen, pedagang besar, dan pengecer harus mengetahui
    bagaimana konsumen memilih penjual tertentu.
  8. Keputusan Tentang Jumlah Produk.
    Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang
    akan dibelinya pada saat itu. Dalam hal ini perusahaan harus mempersiapkan
    banyaknya produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari
    pembelinya

Tidak ada komentar: