yang memiliki peranan penting bagi perusahaan. Secara luas, pemasaran
adalah suatu proses manajerial dan sosial di mana individu atau
organisasi mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan
melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain. Pada
dasarnya, pemasaran adalah tindakan perusahaan untuk menyampaikan
dan memberikan nilai kepada klien.
Menurut Kotler dan Amstrong (1994:7) pemasaran adalah suatu
proses manajerial dan sosial di mana individu atau sekelompok orang
mendapatkan apa yang dibutuhkan dan pada dasarnya membuat serta
memperdagangkan hasil yang bernilai signifikan dengan orang lain.
Menurut Freddy Rangkuti dalam Sri Yati (2010), pemasaran adalah
suatu proses yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya,
politik, ekonomi dan manajerial. Akibat pengaruh dari beberapa faktor
tersebut, setiap individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan
keinginannya dengan cara menciptakan, menawarkan, dan menukarkan
produk yang memiliki nilai komoditi. Menurut Tjiptono (2008:5)
pemasaran merupakan fungsi yang memiliki hubungan paling besar
dengan lingkungan eksternal, sedangkan perusahaan hanya mempunyai
kendali terbatas atas lungkungan eksternalnya. Pemasaran bertujuan
untuk menarik pembeli mengkonsumsi produk yang ditawarkan,
sehingga pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan
suatu perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar