Dalam pelaksanaannya harus mengetahui juga apa tujuan dari
personal selling (Assauri dalam Priansa, 2017:222), sebagai berikut:
a. Mengadakan analisis pasar
Termasuk mengadakan peramalan tentang penjualan yang akan
datang, mengetahui dan mengawasi para pesaing dan memerhatikan
lingkungan sosial dan ekonomi.
b. Menentukan calon konsumen
Mencari calon konsumen yang potensial, menciptakan pesanan baru
dari konsumen yang sudah ada serta mencari tahu keinginan pasar
secara lebih mendalam.
c. Mengadakan komunikasi
Komunikasi merupakan tujuan yang paling utama dari penjualan
perseorangan. Tujuan di sini tidaklah menitikberatkan untuk
membujuk atau memengaruhi, tetapi memulai dan melangsungkan
pembicaraan secara ramah tamah kepada pelanggan atau calon
konsumen.
d. Memberikan pelayanan
Dapat diwujudkan dalam bentuk konsultasi menyangkut keinginan
dan masalah-masalah yang dihadapi pelanggan, memberikan jasa
teknis, memberikan bantuan keuangan, misalnya berupa bantuan
kredit dan melakukan pengiriman barang sampai ketempat
pemesanannya.
e. Memajukan pelanggan
Dalam mewujudkan pelanggan, tenaga penjual bertanggung jawab
atas semua tugas langsung yang berhubungan dengan pelanggan. Hal
ini dimaksudkan untuk menguraikan tugasnya agar dapat
meningkatkan keuntungan. Dalam tujuan ini termasuk juga
memberikan saran secara pribadi, misalnya saran tentang masalah
pengawasan persediaan, promosi, pengembangan produk, dan
kebijakan harga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar