Kamis, 30 Desember 2021

Six Sigma (skripsi dan tesis)


Six Sigma merupakan suatu metode atau teknik pengendalian untuk
menghilangkan penyimpangan dan mengurangi pemborosan pada proses (Caiado
et al., 2018). Six sigma didefinisikan sebagai strategi perbaikan bisnis untuk
menghilangkan pemborosan, mengurangi biaya karena kualitas buruk,
memperbaiki efektivitas semua kegiatan operasi, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan dan harapan pelanggan (Sirine & Kurniawati, 2017). Sejak tahun 1986
perusahaan Motorola menerapkan metode atau teknik pengendalian dan
peningkatan kualitas secara dramatik, yang merupakan terobosan baru dalam
bidang manajemen kualitas.
Prinsip – prinsip pengendalian dan peningkatan kualitas six sigma motorola
mampu menjawab tantangan ini, dan terbukti perusahaan motorola selama kurang
lebih 10 tahun setelah implementasi konsep six sigma telah mampu mencapai
tingkat kualitas 3,4 DPMO (defect per million opportunities – kegagalan per
sejuta kesempatan) (Vincent, 2018).

Tidak ada komentar: