Kamis, 30 Desember 2021

Kualitas (skripsi dan tesis)


Kualitas suatu produk dalam manajemen mutu terpadu ada pendapat dari
empat pakar utama yang saling berbeda pendapat tetapi memiliki maksud yang
sama yaitu:
Menurut (Juran,1993 dalam (Nasution, 2015)) kualitas produk adalah
kecocokan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan
kepuasan pelanggan.
Menurut (Crosby,1979 dalam (Nasution, 2015)) menyatakan bahwa kualitas
adalah conformance to requirement, yaitu sesuai dengan yang disyaratkan atau
distandarkan. Suatu produk memiliki kualitas apabila sesuai dengan standar
kualitas yang telah ditentukan. Standar kualitas meliputi bahan baku, proses
produksi, dan produk jadi.
Menurut (Deming,1982 dalam (Nasution, 2015)) kualitas adalah kesesuaian
dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Perusahaan harus benar – benar dapat
memahami apa yang dibutuhkan konsumen atas suatu produk yang akan
dihasilkan.
Menurut (Feigenbaum, 1986 dalam (Nasution, 2015)) kualitas adalah
kepuasan pelanggan sepenuhnya (full customer satisfaction). Suatu produk
berkualitas apabila dapat memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen, yaitu
sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen atas suatu produk.
Menurut (Garvin dan Davis, 1994 dalam (Nasution, 2015)) kualitas adalah
suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia/tenaga kerja,
proses dan tugas, serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan
pelanggan atau konsumen.
Pendapat – pendapat tersebut memiliki beberapa kesamaan yaitu:
a. Kualitas mencakup usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
b. Kualitas mencakup produk, tenaga kerja, proses, dan lingkungan
c. Kualitas merupakan kondisi yang selalu berubah (misalnya apa yang
dianggap merupakan kualitas saat ini mungkin dianggap kurang berkualitas
pada masa mendatang).

Tidak ada komentar: