Jumat, 07 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi: Tujuan Layanan Bimbingan Dan Konseling

Tujuan bimbingan dan konseling( DEpdikbud, 1994:5-6) disebutkan bahwa: Pembelajaran, layanan konseling perorangan, laynan konseling kelompok,dan layanan bimbingan kelompok. Adapun penjelasan masing-masing layanan bimbingan dan konseling dapat dilihat di bawah ini:
a.      Layanan Orientasi
Layanan orientasi merupakan bentuk layanan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk mengenalkan lingkungan sekolah yang baru dimasukinya. Karena itu agar siswa lebih merasa familier dengan sekolahnya sendiri maka ia perlu mengenal lebih lanjut tentang berbagai fasilitas dan program-program yangada di sekolah.

b.      Layanan Informasi
 Layanan informasi adalah layanan berupa pemberian pemahaman kepada siswa tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani tugas dan kegiatan disekolah dan untuk menentukan da mengarahkan tujuan hidup.
c.       Layanan Penmpatan dan Layanan Penyaluran.
Penempatan adalah upaya terencana dan sistematis untuk menempatkan siswa pada suatu posisi\tempat yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. Sedangkan penyaluran adalah upaya terencana dan sistematis untuk menyalurkan bakat, minat,daan potensi siswa secara optimal.
d.      Layanan Pembelajaran
Layanan yang diberikan pada siswa agar mampu mengembangkan sikap dan kebiasaan yang baik. Pembelajaran adalah proses yang dirancang untuk membawa siswa aktif dalam suasana belajar yang penuh makna.
e.       Layanan Konseling Peroranagan
Benttuk pelayanan khusus berupa hubungan langsung tatap muka antara koselor dan lien. Dalam hubungan ini masalah klien dicermati dan di upayakan pengentasannya, sedapat mungkin dengan kekuatan kita sendiri.
f.       Layanan Konseling Kelompok
Layanan bmbingan dan konseling yang diberikan pada sekelompok individu. Keuntungan dari bentuk layanan ini adalah dengan satu pemberian layanan, telah memberikan manfaat\jasa kepada sekelompok orang.
g.      Layanan Bimbingan Kelompok
Layanan yang diberikan kepada kelompok siswa baik ada masalah\tidak ada masalah.jumlah anggota berkisar antar 10-30 orang. Keanggotaan kelompok bias anggota tetap\tidak tetap

Tidak ada komentar: