Dalam
penyelengaraan layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling selain dimuati oleh
fungsi dan didapatkannya prinsip-prinsip bimbingan dan konseling juga dituntut
untuk memenuhi sejumlah asas bimbingan konseling dengan baik sehingga dapat
diharapkan proses pelayanan mengarah pada pencapaian tujuan yang diharapkannya.
Adapun asas-asas bimbingan dan konseling tersebut adalah:
1.
asas
kerahasiaan
asas
ini menuntut untuk dirahasiakannya semua data dan keternagan peseta didik yang
menjadi sasaran layanan
2.
asas
kesukarelaan
merupakan
asas yang menghendaki adanya kesuksesan dan kerelaan klien mengikuti atau
menjalani layanan yang diperuntukkan baginya
3.
asas
keterbukaan
asas
yang menghendaki klien yang menjadi sasaran layanan bersikap terbuka, tidak
berpura-pura baik keterangan tentang dirinya maupun informasi dan materi dari
luar yang berguna bagi pengembangannya
4.
asas
kegiatan
asas
bimbingan konseling yang menghendaki peserta didik atau klien berpartisipasi
secara aktif dalam penyelenggaran layanan bimbingan
5.
asas
kemandirian
asas
yang menunjuk pada tujuan umum bimbingan sehingga setelah dibantu diharapkan
klien mandiri
6.
asas
kekirian
merupakan
asa yang menghendaki masalah yang menjadi obejk sasaran layanan adalah
permasalahan dalam kondisi sekarang; apa yang perlu dilakukan sekarang
7.
asas
kedinamisan
asas
yang menghendaki terjadinya perubahan pada diri individu yang dibimbing yaitu
perubahan tingkah laku terarah yang lebih baik
8.
asas
keterpaduan
merupakan
asas bimbingan dan konseling yang mengusahakan memadukan berbagai aspek
kepribadian klien. Selain itu juga memadukan jangan sampai layana yang diberikan tidak sesuai dengan aspek
layanan yang lain
9.
asas
kenormatifan
asas
yang menghendaki segenap layana dan kegiatan bimbingan konseling tidak
bertentangan dengan nilai dan norma yang ada baik norma agama , hukum, dan
peraturan adat istiadat yang berlaku, ilmu pengetahuan serta kebiasaan yang
berlaku
10. asas keahlian
asas
yang menghendaki agar layanan bimbingan dan konseling diselenggarakan atas
dasar kaidah profesionalisme
11. asas alihtangan
asas
ini menghendaki agar pihak-pihak yang tidak mampu menyelenggarakan bimbingan
konseling secara tepat dan tuntas atas suatu permasalahan peserta didik mengalihtangankan
permasalahan itu ke pihak yang lebih ahli
12. asas Tut Wuri Handayani
asas
yang menghendaki agar pelayanan bimbingan secara keseluruhan dapat menciptakan
suasana yang mengayomi, mengembangkan keteladanan serta kesempatan yang
seluas-luasnya kepada peserta didik untuk maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar