Pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya penjual danpembeli untuk bertransaksi barang dan jasa, tetapi secara luas pasar yakni prosesdi mana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan hargakeseimbangan (Alam, 2006). Dan struktur mendeskripsikan karakteristik dankomposisi dari pasar dan industri di dalam sebuah perekonomian. Struktur pasarsendiri penting karena menunjukkan atribut pasar yang mempengaruhi sifat prosespersaingan. Persaingan yang efektif akan membuat sistem pasar berjalan denganbaik. Struktur pasar menentukan perilaku perusahaan yang kemudian menentukankinerja industri (Jaya, 1993).Menurut Subanidja (2006) struktur pasar dijabarkan ke dalam sejumlahkarakteristik industri yang secara langsung mempengaruhi keputusan manajerialperusahaan. Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkahlaku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skalaproduksi, dan jenis produksi, struktur pasar yang kompetitif adalah struktur pasardimana perusahaan-perusahaan yang di dalamnya sama sekali tidak mempunyaikemampuan untuk mempengaruhi harga dan jumlah barang di pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar