Sabtu, 30 April 2022

Perspektif Internal Marketing (skripsi, tesis dan disertasi)

Foreman (1995) menyatakan bahwa ada dua sumbu dalam internal marketing yang dapat menjawab dua pertanyaan yang luas. Pertama, siapa internal marketer ? ( seluruh organisasi atau departement di dalamnya). Kedua , siapa yang menjadi tujuan dari Internal marketing? (semua karyawan; atau sebuah grup spesifik, fungsi atau departement di dalam organisasi) Jika internal marketers dan internal markets di lihat dengan cara di atas, maka empat tipe berbeda dari internal marketing dapat diidentifikasi: a. Tipe I melihat departement, grup atau fungsi sebagai marketer, dan yang lainnya sebagai konsumen. b. Tipe II , organisasi merupakan keseluruhan pasar bagi grup spesifik, fungsi atau departement di dalamnya. Perhartian pada grup ini akan menyatu dengan perilaku yang mendukung atau meningkatkan insiatif organisasi. c. Tipe III, grup atau departement atau fungsi pemasaran bagi seluruh organisasi. Internal marketing jenis ini di katakan khan karena dipraktekkan oleh pelayanan/ fungsi staff dalam organisasi, seperti sumber daya manusia. d. Tipe IV, internal marketing adalah dimana organisasi adalah marketer dan market (pasar), menerima paling banyak perhatian Organization Who applies Internal Marketing? Group Group Organization Who is the focus of Internal Marketing? Perspective in Internal Marketing (Foreman,1995) 31 dalam beberapa literatur terbaru, lebih jelasnya ini merupakan internal marketing yang sejak awal di maksud oleh Berry (1980) (karyawan sebagai konsumen, dan pekerjaan sebagai produk), dan oleh Kotler (1991) (konsep pemasaran membutuhkan internal marketing jika ingin eksternal marketing menjadi sukses). Tipe ini di perlukan untuk memastikan bahwa organisasi menarik, memilih, dan mempertahankan karyawan terbaik, dan memperhatikan apresiasi serta nilai peran mereka dalam mengantarkan pelayanan berkualitas terbaik kepada konsumen eksternal (Berry & Parasuraman,1991)

Tidak ada komentar: