Sabtu, 30 April 2022

Internal Marketing dan Perilaku Anggota Organisasi (skripsi, tesis dan disertasi)


Seyed Javadin (2010) telah meneliti peran mediasi dari perilaku
anggota organisasi dalam hubungan antara internal marketing dan
kualitas layanan di Teheran Perusahaan Gas. Hasil penelitian
menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dari internal marketing
pada perilaku anggota organisasi di perusahaan tersebut. Bansal (2001)
dari hasil penelitiannya telah mengklaim bahwa internal marketing
dapat mempengaruhi hasil eksternal marketing melalui OCBs.
Awwad dan Agti (2011) dari hasil penelitian di bank Yordania,
mendapatkan hasil bahwa internal marketing tidak memiliki efek positif
yang langsung mempengaruhi perilaku anggota organisasi (part
coefficient : 0,09; t: 0,918). Dan hasil lain bahwa Internal marketing
tidak berpengaruh langsung pada perilaku anggota organisasi melalui
komitment organisasi (part coefficient=,16;t=1,87)
Study yang di lakukan oleh Souchon dan Lings (2001)
menghasilkan penerapan praktik internal marketing berdampak pada
perilaku anggota organisasi dan retensi karyawan. Hung dan Lin (2008)
menyatakan dalam penelitian yang di lakukan di sebuah industri hotel
internasional dengan meningkatkan persepsi internal marketing
(karyawan) secara langsung akan mempengaruhi perilaku anggota
organisasi ( perilaku manfaat organisasi, in-role behavior, dan altruism
atau perilaku individu). Hasil penelitian yang di lakukan oleh Yaghoubi
(2011) menemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara Internal marketing dan perilaku anggota organisasi”
sebagai variabel visual dan virtual” yang akan berpengaruh terhadap
orientasi pasar (kualitas pelayanan). Penelitian yang dilakukan oleh
Alshuredehi,dkk.(2015) di sebuah Universitas di Jordan menemukan
bahwa komponen Internal marketing (motivasi dan komunikasi )
memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku anggota organisasi
di tingkat 0,00, tetapi yang memiliki dampak yang besar adalah
motivasi. Sedangkan komponen pemberdayaan dan pelatihan justru
menunjukkan efek tidak signifikan yaitu pada tingkat 0,05. Penelitian
yang di lakukan oleh Abzari,dkk. (2011), yang di lakukan di sebuah
Bank Melli di Kota Isfahan Iran, menemukan bahwa dampak dari
masing – masing dimensi internal marketing (tempat kerja, lingkungan
kerja dan komunikasi) pada perilaku anggota organisasi telah di terima
dengan berbagai tingkat yang mempengaruhi, dan ternyata dimensi
tempat kerja dan lingkungan kerja memiliki dampak tertinggi dan
dimensi komunikasi memiliki dampak paling rendah.

Tidak ada komentar: