Orientasi pasar oleh Narver & Slater dalam Rosnawintang (2012:463)
bahwa Orientasi pasar, terdiri atas 3 ukuran yaitu orientasi pelanggan, orientasi
pesaing, koordinasi, antar fungsi.
Menurut Slater & Narver, (1994) dalam Raeni Dwi Santy & Eddy
Soeryanto soegoto (2013:3) Orientasi pasar adalah hal yang penting bagi
perusahaan seiring dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam
persyaratan pelanggan di mana perusahaan menyadari bahwa mereka harus
melakukannya selalu dekat dengan pasar. Orientasi pasar adalah budaya
organisasi yang bernilai dalam membantu menumbuhkan perusahaan untuk
mengikuti pasar sehingga menawarkan nilai yang lebih besar kepada pelanggan,
yang merupakan kunci aksi korporasi.
Definisi mengenai orientasi pasar menurut Lamb et.al dalam Sumiati
(2015:36) bahwa Orientasi pasar merupakan suatu filosofi dalam strategi
pemasaran yang menganggap bahwa penjualan produk tidak tergantung pada
strategi penjualan tetapi lebih pada keputusan konsumen dalam membeli produk.
Oleh karena itu, membutuhkan perhatian secara tepat pada orientasi pelangggan
dan orientasi pesaing dalam rangka menyediakan kebutuhan dan keinginan
konsumen dengan memberi nilai terbaik.
Sementara itu, Narver & Slater dalam Prakoso (2005:40) menyebutkan
bahwa Orientasi pasar adalah suatu konsep orientasi yang berfokus pada
penciptaan nilai - nilai yang tinggi bagi konsumen. Orientasi pasar sebagai
konstruk berdimensi tunggal (one-dimension) terdiri dari 3 komponen perilaku,
yakni orientasi pelanggan (customer orientation), orientasi pesaing (competitor
orientation) can koordinasi antar fungsi intraperusahaan (interfunctional
coordination).
Jumat, 29 April 2022
Pengertian Orientasi Pasar (skripsi, tesis dan disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar