Bank yang memiliki pangsa pasar kredit yang tinggi, menunjukan bank tersebut memiliki keunggulan kompetitif. Bank yang memiliki pangsa pasar lebih besar daripada pesaing akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan permintaan kredit. Peningkatan permintaan kredit dapat meningkatkan profitabilitas bank, karena bank akan mendapatkan pendapatan bunga kredit lebih banyak (Ilusmawati dan Nuswantara, 2014). Setiap perusahaan memiliki pangsa pasarnya sendiri, dan berkisar antara 0 hingga 100% dari total keluaran seluruh pasar. Menurut literatur Neo-Klasik, landasan posisi tawar perusahaan adalah pangsa pasar yang diraihnya. Pangsa pasar dalam praktik bisnis merupakan tujuan atau motivasi perusahaan. Perusahaan dengan pangsa pasar yang lebih baik akan menikmati keuntungan dari penjualan produk dan kenaikan harga sahamnya. Peranan pangsa pasar seperti halnya elemen struktur pasar yang lain adalah sebagai sumber keuntungan bagi perusahaan (Jaya, 2008).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar