Sabtu, 30 April 2022

Internal Marketing dan Commitment Organisasi (skripsi, tesis dan disertasi)


Castro (2002) meneliti bahwa komitmen organisasi mengacu
pada rasa memiliki: yaitu rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan,
yang akibatnya mempengaruhi kemampuan kinerja karyawan yang
akan melampaui harapan dalam mencapai tujuan organisasi. Jaworski
dan Kohli (1993), memperjelas penemuan bahwa komitment organisasi
merupakan konsekuensi langsung dari internal marketing. Kedua
peneliti tersebut menjelaskan bahwa karena IM menekankan kerjasama
semua departemen dan individu untuk mencapai tujuan bersama, proses
kerja sama dan pemenuhan tujuan tersebut harus menghasilkan
karyawan yang mempunyai kontribusi kepada perusahaan, akibatnya
karyawan memperoleh rasa bangga , merasa senang bekerja di dalam
perusahaan, merasa lebih puas dengan pekerjaan mereka dan menjadi
lebih berkomitment untuk perusahaan.
Shadi Altarifi (2014), melakukan penelitian di sebuah perguruan
tinggi di Jordan dan hasil penelitiannya adalah bahwa Internal
Marketing berpengaruh signifikan terhadap komitment organisasi , ini
di buktikan dengan hasil (β = 0,646 , P <0,001), dan varian dari
komitment organisasi yang di jelaskan dalam Internal Marketing relatif
moderat (R2 = 0,417). Kemudian Mehdi Abzari (2011), juga meneliti
mengenai Internal Marketing dan komitment organisasi di sebuah hotel
di Iran, dan hasilnya adalah Internal Marketing berhubungan positif dan
signifikan terhadap komitment organisasi, hal ini di tunjukkan dengan
nilai (b = 0,34, P<0,01).
Kemudian Tsai dan Wu (2006) menemukan hasil penelitian
bahwa kegiatan internal marketing akan meningkatkan pengelolaan
rumah sakit, meningkatkan persepsi karyawan dan komitment
organisasi. Penelitian yang di lakukan oleh Kyriazopoulos et al (2007)
meneliti tentang penerapan konsep internal marketing di cabang sebuah
bank dan menemukan bahwa internal marketing memiliki efek positif
terhadap komitment organisasi. Selain itu Farzad (2008) meneliti akan
pentingnya kreteria internal marketing dan pengaruhnya terhadap
komitment organisasi dalam perusahaan jasa keuangan Iran . Setelah itu
Hung dan Lin (2008) mengemukakan bahwa persepsi karyawan dalam
sistem manajerial dari internal marketing memiliki efek positif pada
komitment organisasi di Industri Taiwan International Hotel. Penelitian
yang di lakukan oleh Ribhan (2011) di sebuah Rumah Sakit dengan
mangembil sampel 122 orang menemukan bahwa internal marketing
mempunyai pengaruh positif terhadap komitment organisasi , temuan
tersebut di dukung oleh penelitian terdahulu seperti Chang (2007) yang
mengusulkan suatu model analisa jalur atau SEM menyatakan bahwa
persepsi perawat dalam internal marketing mempunyai efek positif
terhadap komitment organisasi. Berdasarkan ini, hipotesis berikut
dikembangkan

Tidak ada komentar: