Sabtu, 30 April 2022

Perilaku Anggota Organisasi dan Orientasi Pasar (skripsi, tesis dan disertasi)


Penelitian yang dilakukan oleh Hui,dkk.(2001) menemukan
bahwa perilaku anggota organisasi yang baik akan dapat membantu dan
meningkatkan kemampuan rekan kerja dan manajer dalam rangka
melaksanakan perencanaan bisnis, penjadwalan dan pemecahan
masalah dan juga akan berpartisipasi dalam menawarkan kualitas
pelayanan yang unggul. Sedangkan hasil penelitian yang di lakukan
oleh Castro et al,2004 menemukan bahwa perilaku anggota organisasi
akan mendorong suatu kerjasama dalam tim dan akan meningkatkan
lingkungan kerja yang bagus serta dapat mengurangi tingkat turnover
karyawan. Hui et al, (2001) menemukan dari hasil penelitiannya bahwa
perilaku anggota organisasi adalah sebagai “good solders” yang dapat
membantu karyawan yang lainnya untuk dapat memberikan pelayanan
yang baik, karena karyawan merupakan kandidat yang cocok untuk
memulai program orientasi pasar dalam organisasi. Ada bukti kuat yang
menunjukkan bahwa sikap dan perilaku dapat mempengaruhi orientasi
pasar, tetapi arah kausal dari hubungan ini masih belum jelas. Beberapa
peneliti melaporkan bahwa orientasi memiliki konsekuensi positif bagi
sikap karyawan dan perilaku seperti kepuasan kerja, komitment
organisasi, dan stres (Gordon,2010).
Study yang menyatakan bahwa perilaku anggota organisasi dan
orientasi pasar memiliki pengaruh yang positif pada kinerja organisasi
(Sing & Ranchhold,2004). Perilaku anggota organisasi akan mendorong
kerjasama tim, meningkatkan lingkungan kerja yang baik dan dapat
mengurangi tingkat turnover karyawan (Castro et al,2004). Penelitian
yang di lakukan oleh Yaghoubi,2011 menemuan bahwa perilaku
anggota organisasi “ variabel visual dan virtual “ memiliki pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap orientasi pasar (kualitas layanan).

Tidak ada komentar: