Strategi bisnis adalah rangkuman pernyataan misi atau visi organisasi sehingga ada titik
fokus yang jelas dan konsisten (King, 1978).Strategi bisnis berguna untuk memahami
kompleksitas kompetitif melalui pendekatan yang sistematis dengan tujuan untuk
mencapai keunggulan kompetitif (Venkatraman, 1993). Henderson & Venkatraman
(1993)menjabarkan strategi bisnis dan TI dalam beberapa poin, yaitu:
a. Digunakan sebagai alat untuk mempercepat perubahan dengan mendefinisikan arah
yang harus diikuti untuk mengubah keadaan saat ini.
b. Dirumuskan dengan melakukan analisa lingkungan dan dapat digunakan sebagai alat
analisis untuk memprediksi risiko bisnis dan peluang masa depan.
c. Dapat digunakan untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan sebagai pengambil
keputusan.
d. Sebagai acuan untuk memastikan keputusan yang sejalan dengan fokus perusahaan.
e. Alat manajemen analisis yang digunakan untuk perencanaan masa depan bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar