Definisi sales growth menurut Subramanyam (2014:487) adalah sebagai
berikut:
“Analysis of trends in sales by segments is useful in assessing
profitability. Sales growth is often the result of one or more factors,
including (1) price changes, (2) volume changes, (3)
acquisitions/divestitures, and (4) changes in exchange rates. A
company’s Management’s Discussion and Analysis section usually offers
insights into the causes of sales growth.”
Definisi pertumbuhan penjualan menurut Kasmir (2012:107) adalah
sebagai berikut:
“Pertumbuhan penjualan menunjukan sejauh mana perusahaan dapat
meningkatkan penjualannya dibandingkan dengan total penjualan secara
keseluruhan”.
Definisi sales growth menurut Widarjo dan Setiawan (2009) adalah
sebagai berikut:
“Pertumbuhan penjualan (sales growth) mencerminkan kemampuan
perusahaan dari waktu ke waktu. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan
penjualan suatu perusahaan maka perusahaan tersebut berhasil
menjalankan strateginya. ”
Definisi sales growth menurut Carvalho and Costa (2014) adalah sebagai
berikut: “Sales growth: refers to the increased sales and services between the
current and previous year in percentage”.
Berdasarkan definisi di atas sampai pada pemahaman penulis bahwa
sales growth menggambarkan peningkatan penjualan dari tahun ke tahun.
Tingginya tingkat sales growth menunjukan semakin baik suatu perusahaan dalam
menjalankan operasinya. Pertumbuhan Penjualan sering menggambarkan
keberhasilan suatu perusahaan.
Pertumbuhan penjualan sering mencerminkan keberhasilan suatu
perusahaan. Menurut Baumgartner, Hatami, et al. (2016:116), pertumbuhan
penjualan mencerminkan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan profit
atau kas. Variabel pertumbuhan penjualan didasarkan pada argumen bahwa
pertumbuhan penjualan mencerminkan tingkat produktivitas terpasang yang
siap beroperasi serta mencerminkan kapasitas saat ini yang dapat diserap pasar
dan mencerminkan daya saing perusahaan dalam pasar. Pertumbuhan
perusahaan menjadi sebuah indikator untuk daya saing perusahaan dalam
industri. Pertumbuhan perusahaan akan mempengaruhi kemampuan untuk
mendapatkan untung dan mempertahankan untung untuk mendanai
investasi di masa yang akan datang. Apabila pertumbuhan penjualan
meningkat berarti kinerja yang dilakukan oleh perusahaanmenjadi lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar