Kamis, 24 September 2020

Metodologi Inovasi Proses (skripsi dan tesis)

. Untuk mengendalikan atau mendukung proyek inovasi proses (reengineering) telah dikembangkan sebuah metodologi yang disebut REVISION (Khoong, 1995) dalam Ellitan (2009:75). Metodologi tersebut diorganisir menjadi tujuh tahap yaitu: Tahap 1: Initiate (Permulaaan) Umumnya penerapan inovasi proses dipicu oleh manajemen puncak, para penasehat organisasi, atau beberapa staf yang berkempentingan dalm organisasi tersebut. Tahap 2: Envision (Tahap Pembentukan Misi) Tahap pembentukan visi merupakan tahap yang paling penting dalam fase perencanaan karena hal ini menentukan lingkup bisnis yang menjadi target inovasi proses di samping penetapan tolak ukur guna menilai hasil pelaksanaan inovasi proses. Pada proses envisioning organisasi bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada definisi ulang yang radikal dari peran organisasi. Pertanyaanya sebagai berikut: 1. Apakah perusahaan telah dan atau sedang melayani pelanggan yang tepat. 48 2. Apakah perusahaan telah dan sedang menyampaikan produk dan jasa yang tepat, apa prioritas pelanggan. 3. Apakah perusahaan sudah menerapkan proses yang tepat, mana yang merupakan proses kunci dan keberhasilan kinerja lingkungan. Tahap 3: Analyze (Menganalisa) Sebuah kelompok kerja dibentuk untuk menjalankan tahap analisis dan disain ulang setiap proses dan masalah-masalah pokok. Ketergantungan antar proses (inter-procesess dependencies) diharapkan bisa dikembangkan untuk menunjukkan keterkaitan antar proses dalam organisasi. Tahap 4: Redesign (Mendisain Ulang) Redesaign adalah suatu cara mendisain ulang suatu proses dengan mempelajari peta proses, mempermudah untuk melihat bagian-bagian tertentu yang bisa diotomatiskan, disederhanakan, dan lebih ditekankan dengan lebih banyak menggunakan sumber-sumber daya dan perhatian manajemen. Tahap 5: Blueprint Tahap ini terletak di perbatasan antara fase studi dan fase implementasi inovasi proses. Blueprint mencakup strategi transisi dan jadwal implementasi untuk semua aspek rencana perubahan tersebut. Tahap 6: Implement (Implementasi) Tahap 7: Monitoring (Pengawasan atau Pengendalian)

Tidak ada komentar: