Setiap perusahaan menginginkan produknya dapat diterima oleh
masyarakat. Profit akan didapat apabila produk yang dijual oleh perusahaan
dapat dibeli oleh perusahaan. Untuk mendapatkan tujuan yang telah ditetapkan
oleh perusahaan, manajemen harus memikirkan bagaimana kualitas yang ada
pada produk perusahaan.
Kualitas adalah kemampuan sebuah produk atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan. Kualitas dapat juga diartikan sebagai kemampuan
perusahaan dalam memenuhi rancangan atau spesifikasi atas produk dan jasa
yang telah ditetapkan oleh perusahaan (Heizer dan Render, 2009).
Bagi manajer operasional kualitas berbasis manufaktur. Dengan
membuat produk dengan benar sejak awal merupakan kualitas yang memandang
dari sisi operasional Dengan demikian kualitas dapat disimpulkan menjadi
kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan
15
rancangan dan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menjalankan proses yang
benar sejak awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar