Manajemen selalu berusaha untuk mengungkapkan informasi privat
yang menurut pertimbangannya sangat diminati oleh investor dan pemegang saham, khususnya jika informasi tersebut merupakan berita baik (good news).
Menyampaikan informasi dengan menyediakan informasi tambahan mengenai
kegiatan perusahaan dan juga sebagai sarana untuk tanda (signal) pada
stakeholders mengenai hal-hal seperti memberikan tanda (signal) tentang
kepedulian perusahaan pada lingkungan sekitar atau tanda bahwa perusahaan
tidak hanya menyediakan informasi keuangan perusahaan tetapi juga
menyediakan informasi yang lebih dari para stakeholders.
Signaling theory ini menekankan bahwa perusahaan akan cenderung
menyajikan informasi yang lebih lengkap untuk memperoleh reputasi yang lebih
baik dibandingkan perusahaan-perusahaan yang tidak mengungkapkan, yang pada
akhirnya akan menarik investor. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa
semakin besar perusahaan maka semakin banyak pengungkapan tanggung jawab
sosial yang diungkapkan (Suwardjono, 2005).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar