Pandangan berbasis pengetahuan perusahaan/Knowledge Based View
(KBV) merupakan pengembangan lebih lanjut dari pandangan berbasis
sumber daya perusahaan/Resource-Based View (RBV) dari perusahaan dan
memberikan teoritis yang kuat dalam mendukung modal intelektual. KBV
berasal dari RBV dan menunjukkan bahwa pengetahuan dalam berbagai
bentuknya adalah kepentingan sumber daya bagi perusahaan. Teori berbasis pengetahuan perusahaan menguraikan karakteristik khas sebagai
berikut :
a. Pengetahuan memegang peranan yang paling strategis di perusahaan.
b. Kegiatan dan proses produksi di perusahaan melibatkan penerapan
pengetahuan.
c. Individu-individu dalam organisasi tersebut yang bertanggung jawab
untuk membuat, memegang, dan berbagi pengetahuan.
Dalam pandangan berbasis pengetahuan, perusahaan mengembangkan
pengetahuan baru yang penting untuk keuntungan kompetitif dari
kombinasi unik yang ada pada pengetahuan. Dalam era persaingan yang
ada pada saat ini, perusahaan sering bersaing dengan mengembangkan
pengetahuan baru yang lebih cepat dari pesaing-pesaing mereka
Knowledge-Based Theory mengidentifikasi dalam pengetahuan,
yang ditandai oleh kelangkaan dan sulit untuk mentrasfer dan mereplikasi,
merupakan sebuah sumber daya penting untuk mencapai keunggulan
kompetitif dalam menghadapi persaingan. Kapasitas dan keefektifan
perusahaan dalam menghasilkan, berbagi, dan menyampaikan pengetahuan
dan informasi menentukan nilai yang dihasilkan perusahaan sebagai dasar
keunggulan kompetitif perusahaan berkelanjutan dalam jangka panjang
(Edvinsson dan Malone, 1997; Bontis, 2000; dalam Ulum, 2008).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar