Resources Based View berfokus pada konsep atribut perusahaan
yang difficult-to-imitatesebagai sumber daya kinerja yang unggul dan
keunggulan kompetitif. Sumber daya perusahaan bersifat heterogen,
bukan homogen, jasa produktif yang tersedia berasal dari sumber daya
perusahaan yang memberikan karakter unik bagi tiap-tiap perusahaan
Teori RBV memandang perusahaan sebagai sekumpulan sumber
daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan. Asumsi RBV yaitu
bagaimana perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain untuk
mendapatkan keunggulan kompetitif dalam mengelola sumber daya yang
dimilikinya sesuai dengan kemampuan perusahaan.
Empat kriteria sumber daya sebuah perusahaan agar dapat mencapai
keunggulan kompetitif dan kinerja yang berkelanjutan:
a. Valuable (V): Sumber daya harus menambah nilai positif bagi
perusahaan.
b. Rare (R): Sumber daya harus bersifat unik atau langka diantara calon
pesaing yang ada.
c. Imperfect Imitability (I): Sumber daya harus sukar ditiru oleh para
pesaing.
d. Non-Substitution (N):Sumber daya tidak dapat digantikandengan
sumber daya alternatif lainnya oleh perusahaan pesaing.
Menurut RBV, sumber daya dapat secara umum didefinisikan
memasukkan aset, proses organisasi, atribut perusahaan, informasi, atau
pengetahuan yang dikendalikan oleh perusahaan yang dapat digunakan
menyusun dan menerapkan strategi mereka. RBV mengkategorikan tiga
jenis sumber daya :
a. Modal sumber daya manusia (pelatihan, pengalaman, wawasan), dan
b. Modal sumber daya organisasi (struktur formal)
c. Modal sumber daya fisik (teknologi, pabrik, dan peralatan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar