Kamis, 26 Desember 2019

Resources Based Theory/Resources Based View (RBV)

Resources Based View berfokus pada konsep atribut perusahaan yang difficult-to-imitatesebagai sumber daya kinerja yang unggul dan keunggulan kompetitif. Sumber daya perusahaan bersifat heterogen, bukan homogen, jasa produktif yang tersedia berasal dari sumber daya perusahaan yang memberikan karakter unik bagi tiap-tiap perusahaan Teori RBV memandang perusahaan sebagai sekumpulan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan. Asumsi RBV yaitu bagaimana perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya sesuai dengan kemampuan perusahaan. Empat kriteria sumber daya sebuah perusahaan agar dapat mencapai keunggulan kompetitif dan kinerja yang berkelanjutan: 
a. Valuable (V): Sumber daya harus menambah nilai positif bagi perusahaan. 
b. Rare (R): Sumber daya harus bersifat unik atau langka diantara calon pesaing yang ada. 
c. Imperfect Imitability (I): Sumber daya harus sukar ditiru oleh para pesaing. 
 d. Non-Substitution (N):Sumber daya tidak dapat digantikandengan sumber daya alternatif lainnya oleh perusahaan pesaing. 
Menurut RBV, sumber daya dapat secara umum didefinisikan memasukkan aset, proses organisasi, atribut perusahaan, informasi, atau pengetahuan yang dikendalikan oleh perusahaan yang dapat digunakan menyusun dan menerapkan strategi mereka. RBV mengkategorikan tiga jenis sumber daya :
 a. Modal sumber daya manusia (pelatihan, pengalaman, wawasan), dan 
b. Modal sumber daya organisasi (struktur formal)
 c. Modal sumber daya fisik (teknologi, pabrik, dan peralatan) 
 

Tidak ada komentar: