Reputasi perusahaan merupakan salah satu unsur terpenting dalam
dunia bisnis. Sebab baik buruk dalam reputasi perusahaan merupakan
indikator penting dari keberhasilan perusahaan tersebut. Reputasi
perusahaan memang suatu yang kompleks, namun jika dikelola dengan
baik akan sangat berharga. Beberapa isu penting dalam manajemen
reputasi dan pandangan masyarakat tentang reputasi.
Menurut Afdhal, dalam jurnal Roy Marthin Tarigan reputasi
perusahaan adalah asset yang tidak nyata (intangible asset). Keadaan
reputasi akan tergantung kepada apa yang dilakukan perusahaan sebagai
entitas. Lebih jauh dari itu, akan tergantung kepada komunikasi dan tandatanda yang dipilih untuk diberikan kepada pasar. Simbol dari reputasi,
nama perusahaan, jika dikelola dengan baik, akan mempresentasikan
perusahaan agar didukung oleh masyarakat. Bahkan akan sangat bernilai
bagi konsumen.Fombrun dalam jurnal Rani Sherly Fajrina reputasi merupakan
perwujudan dari pengalaman seseorang dengan produk, ataupun pelayanan
yang mereka dapatkan. Reputasi yang baik akan meningkatkan
kredibilitas, membuat konsumen lebih percaya diri bahwa mereka akan
mendapatkan apa yang telah dijanjikan kepada mereka. Reputasi menjadi
sebuah jaminan bahwa yang konsumen dapatkan akan sesuai dengan
ekspektasi yang mereka miliki.2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar