Sebuah inovasi dapat didefinisikan dengan bermacam cara.
Definisi yang paling lazim diterima ialah bahwa inovasi, yaitu ide atau
produk apa pun yang dirasakan oleh calon adopter sebagai sesuatu
yang baru. Hubeis mendefinisikan inovasi sebagai suatu perubahan
atau ide besar dalam sekumpulan informasi yang berhubungan antara
masukan dan luaran. Dari definisi tersebut didapat dua hal, yaitu
inovasi produk dan inovasi proses yang dalam pengertian ekonomi
disebut inovasi apabila produk dan prosesnya ditingkatkan, selanjutnya
dapat menjadi awal dari proses penjualan dipasar. Kotler juga menegaskan bahwa inovasi tidak hanya sebatas
konsep dari suatu ide baru, atau juga bukan merupakan suatuperkembangan baru tetapi inovasi merupakan gabungan dari semua
proses-proses tersebut. Ide baru bagi produk merupakan produk yang
ditawarkan perusahaan ke pasar, konsep produk merupakan versi yang
lebih rinci dari sebuah ide yang dinyatakan dalam istilah/wujud/bentuk
yang dapat dimengerti oleh nasabah sebagai sesuatu yang baru dan
unik.10
Jadi, inovasi baik proses maupun produk merupakan suatu
perubahan pada sekumpulan informasi yang berhubungan dan terkait
dengan upaya meningkatkan atau memperbaiki sumber daya yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar