Definisi New Media menurut Chun yakni, New Media adalah
penyederhanaan istilah (simplifikasi) terhadap bentuk media di luar
media massa konvensional televisi, radio, majalah, Koran dan film. Sifat
New Media adalah cair (Fluid), konektivitas individual, dan menjadi
sarana untuk membagi peran kontrol dan kebebasan1
. Dalam perspektif
studi media komunikasi massa media online menjadi objek kajian teori
“media baru” yang mengacu pada permintaan akses ke konten
(isi/Informasi) kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital
serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif, dan
pembentukan komunitas sekitar konten media sebagai aspek generasi
“Real-Time”.
New Media merujuk pada perkembangan teknologi digital namun
new media tidak serta merta media digital. Video, teks, gambar, grafik
yang dibutuhkan menjadi data digital berbentuk byte dalam New Media.
Dalam hal ini media online sebagai produk jurnalistik online atau cyber
journalisme dengan didefinisikan sebagai pelaporan fakta atau peristiwa
yang di produksi dan ditrisbusikan melalui internet .
Richard Hunter (2002) dengan world without secrets bahwa
kehadiran media baru (new media/ cybermedia) menjadikan informasi
sesuatu yang mudah dicari dan terbuka. Dalam media penyiaran
broadcast dimana media merupakan pusat dari produksi pesan, dalam
stasiun televisi, dan pesan itu disebarkan serta bisa dinikmati oleh siapa
saja asal memiliki pesawat televisi atau sampai pada bagaimana khalayak mengakses media lama atau baru .
Dalam proses distribusi
pesan media juga mampu menciptakan makna dan budaya dimana media
tidak akan membawa konten semata, tetapi juga membawa konteks
didalamnya.
Menurut Van Dijk (2013) media sosial adalah Platform media
memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka
beraktivitas maupun berkolaborasi. Karena itu media sosial dapat dilihat
sebagai medium (fasilitator) online yang menguatkan hubungan
antarpengguna sekaligus sebagai sebuah ikatan sosial. Media sosial
menjadikan sebuah medium di internet yang memungkinkan pengguna
mempresentasikan dirinya maupun berintegrasi, bekerja sama,
berkomuikasi dengan penguna lain dengan virtual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar