Menurut Mc. Leod Mc. Leod & Schell (2007:46) mengatakan bahwa suatu
informasi yang berkualitas harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Akurat
Artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya.
Pengujian terhadap hal ini biasanya dilakukan melalui pengujian yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berbeda dan apabila hasil
pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama maka dianggap data
tersebut akurat.
2. Tepat Waktu
Artinya informasi itu harus tersedia atau ada pada saat informasi tersebut
diperlukan, tidak besok atau beberapa jam lagi.
3. Relevan
Artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan.
Kalau kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi maka informasi
tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan dan
bagian yang ada dalam organisasi tersebut.
4. Lengkap
Artinya informasi harus diberikan secara lengkap. Misalnya informasi
tentang penjualan tidak ada bulannya atau tidak ada data fakturnya.
Adapun karakteristik kualitatif laporan keuangan menurut Kieso et all
(2010:44-47) adalah sebagai berikut:
1. Relevansi
Informasi akuntansi harus mampu membuat perbedaan dalam suatu
keputusan. Informasi yang tidak ada bantalan maka suatu keputusan
dikatakan tidak relevan.
a. Nilai prediktif
Informasi keuangan memiliki nilai prediktif sebagai masukan dalam
proses prediksi yang digunakan oleh investor dalam membentuk
ekspektasi mereka sendiri tentang masa depan.
b. Nilai konfirmasi
Informasi yang relevan juga membantu pengguna mengkonfirmasi atau
mengoreksi harapan sebelumnya, dan memiliki nilai conformatory.
2. Representasi setia
Representasi Setia berarti bahwa angka dan deskripsi sesuai dengan apa
yang benar-benar ada atau terjadi. Representasi setia adalah suatu keharusan
karena sebagian besar pengguna tidak memiliki waktu atau keahlian untuk
mengevaluasi isi informasi faktual.
a. Kelengkapan
Kelengkapan berarti bahwa semua informasi yang diperlukan untuk
representasi setia disediakan. Sebuah kelalaian dapat menyebabkan
informasi palsu atau menyesatkan dan dengan demikian tidak akan
membantu pengguna laporan keuangan.
29
b. Kenetralan
Netralitas berarti bahwa perusahaan tidak dapat memilih informasi untuk
mendukung satu set pihak yang berkepentingan atas yang lain.
c. Bebas dari Kesalahan
Informasi yang bebas dari kesalahan akan menjadi lebih
akurat (representasi setia).
3. Meningkatkan Kualitas
Karakteristik kualitatif yang meningkatkan saling melengkapi dengan
karakteristik kualitatif yang mendasar. Karakteristik ini membedakan
informasi yang lebih-kurang berguna dari informasi yang berguna.
a. Komparabilitas
Informasi yang diukur dan dilaporkan dengan cara yang sama untuk
perusahaan yang berbeda dianggap sebanding. Komparabilitas
memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi similiarities nyata dan
perbedaan dalam peristiwa-peristiwa ekonomi antara perusahaan.
b. Pemastian
Pemastian terjadi ketika tindakan independen, dengan menggunakan
metode yang sama, memperoleh hasil yang sama.
c. Ketepatan waktu
Ketepatan waktu berarti memiliki informasi yang tersedia bagi para
pengambil keputusan sebelum kehilangan kapasitasnya untuk
mempengaruhi keputusan. Setelah informasi relevan yang tersedia cepat
30
dapat meningkatkan kapasitasnya untuk mempengaruhi keputusan, dan
kurangnya ketepatan waktu dapat merampok informasi usefullness nya.
d. Understandability.
Para pembuat keputusan sangat luas dalam jenis keputusan yang mereka
buat, bagaimana mereka membuat keputusan, informasi yang sudah
mereka miliki atau dapat memperoleh dari sumber lain, dan kemampuan
mereka untuk memproses informasi. Untuk informasi yang akan berguna,
harus ada koneksi (hubungan) antara pengguna dan keputusan yang
mereka buat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar