Dalam menilai kinerja seorang pegawai, maka diperlukan berbagai
aspek penilaian antara lain pengetahuan tentang pekerjaan, kepemimpinan
inisiatif, kualitas pekerjaan, kerjasama, pengambilan keputusan,
kreativitas, dapat diandalkan, perencanaan, komunikasi, inteligensi
(kecerdasan), pemecahan masalah, pendelegasian, sikap, usaha, motivasi,
dan organisasi Rivai dalam Baihaqi (2010) selanjutnya dari aspek-aspek
penilaian kinerja yang dinilai tersebut selanjutnya dikelompokkan
menjadi:
1) Kemampuan teknis, yaitu kemampuan menggunakan pengetahuan,
metode, teknik, dan peralatan yang digunakan untuk melaksanakan
tugas serta pengalaman dan pelatihan yang diperolehnya.
2) Kemampuan konseptual, yaitu kemampuan untuk memahami
kompleksitas perusahaan dan penyesuaian bidang gerak dari unit
masing-masing bidang operasional perusahaan secara menyeluruh.
Pada intinya setiap individu atau karyawan pada setiap perusahaan
memahami tugas, fungsi serta tanggung jawab sebagai seorang
karyawan.
3) Kemampuan hubungan interpersonal, yaitu antara lain kemampuan
untuk bekerja sama dengan orang lain dan berinteraksi dengan orang
lain atau rekan kerja dalam mencapai tujuan berjsama, memotivasi
karyawan, melakukan negoisasi, dan lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar