Teori dua faktor (two-factor theory) yang dikemukakan oleh
Frederick Herzberg merupakan kerangka kerja untuk memahami implikasi
motivasional dari lingkungan kerja. Ada dua faktor di dalam teori ini yaitu:
faktor-faktor higienis (sumber ketidakpuasan) dan faktor-faktor pemuas
(sumber kepuasan). Dalam teorinya Herzberg meyakini bahwa kepuasan
kerja memotivasi pada kinerja yang lebih baik. Faktor-faktor higienis
seperti kebijakan organisasi, supervisi, dan gaji dapat menghilangkan
ketidakpuasan. Faktor ini berhubungan erat dengan pekerjaan. Perbaikan
hubungan pekerjaan tidak mengarah pada kepuasan yang lebih besar,
tetapi diharapkan akan mengurangi ketidakpuasan. Di lain pihak,
motivator atau pemuas seperti pencapaian, tanggung jawab, dan
penghargaan mendukung pada kepuasan kerja. Motivator berhubungan
erat dengan kerja itu sendiri atau hasil langsung yang diakibatkannya,
seperti peluang promosi, peluang pertumbuhan personal, pengakuan
tanggung jawab, dan prestasi. Perbaikan dalam isi pekerjaan mendorong
pada peningkatan kepuasan dan motivasi untuk bekerja lebih baik (Jose,
2011).
Kamis, 09 Juni 2022
Teori Herzberg (skripsi, tesis, dan disertasi)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar