Teori signalling menjelaskan mengenai alasan perusahaan mempunyai
motivasi untuk memberikan laporan keuangan kepada pihak eksternal. Timbulnya
dorongan dari perusahaan untuk memberikan informasi mengenai perusahaan
kepada pihak eksternal agar tidak terjadi asimetri informasi antara pihak
manajemen dan pihak eksternal (Septy dan Nurul, 2012). Perusahaan akan
memberikan sinyal kepada pihak investor dan kreditor melalui laporan keuangan
tersebut. Brigham dan Houston (2011: 186) mendefinisikan sinyal sebagai suatu
tindakan yang diambil oleh manajemen perusahaan dalam pemberian tanda-tanda
kepada investor tentang bagaimana manajemen menilai prospek perusahaan
tersebut. Alasan perusahaan adalah untuk memberikan informasi perusahaan
dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perushaan dan menunjukkan eksistensi
perusahaan bahwa perusahaan memiliki nilai lebih atau keuanggulan lebih
dibandingkan perusahaan lain. Teori signalling ini menjelaskan mengenai
bagaimana perusahaan memberi sinyal kepada investor atau kreditor untuk
memberikan informasi. Dalam hal ini maka teori signalling menjadi landasan bagi
suatu pengungkapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar