Ukuran perusahaan menunjukkan besar kecilnya perusahaan.
Ukuran tersebut menunjukkan besarnya aset yang dimiliki perusahaan.
(Lang dan Lundholm, 1993 dalam Benardi et al, 2009) menyatakan
bahwa tingkat keluasan informasi dalam kebijakan pengungkapan
perusahaan akan meningkat seiring dengan meningkatnya ukuran
perusahaan hal ini dikarenakan perusahaan yang berukuran lebih besar
cenderung memiliki public demand akan informasi yang lebih tinggi
dibanding dengan perusahaan yang berukuran kecil. Menurut teori
stakeholder, semakin besar ukuran perusahaan semakin besar pula
pihak-pihak yang terkait dengan aktivitas perusahaan. Banyaknya
pihak-pihak yang berkepentingan atas aktivitas perusahaan ini
menyebabkan semakin luasnya pengungkapan sebagai wujud
pertanggungjawaban manajemen untuk memenuhi kebutuhan informasi yang memadai bagi seluruh stakeholder. Wardani (2012),
Khrisna (2013), menunjukkan adanya hubungan positif antara ukuran
perusahaan dengan luas pengungkapan sukarela.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar