Kualitas merupakan suatu istilah relatifyang sangat bergantung pada situasi. Menurut W. Edward Deming dalam Zulian Yamit (2005:7) mendefinisikan “kualitas adalah apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen”. Sedangkan menurut Philip B. Crosby dalam Zulian Yamit (2005:7) mempersepsikan “kualitas sebagai nilai cacat, kesempurnaan dan kesesuaian terhadap persyaratan”.Menurut Wungu dan Brotoharsojo (2003:57) bahwa “quality (kualitas) adalah segala bentuk satuan ukuran yang terkait dengan mutu atau kualitas hasil kerja dan dinyatakan dalam ukuran angka atau yang dapat dipadankan dengan angka”. Sedangkan menurut Wison dan Heyel (1987:101) mengatakan bahwa kualitas kerja menunjukkan sejauh mana mutu seseorang pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya meliputi ketepatan, kelengkapan, dan kerapian”.Menurut Dunk, (2002) dalam Dita (2011:29) pengertian kinerja kualitas adalah sebagai berikut:“ Tingkat kualitas yang hendak dicapai perusahaan. Dalam kinerja kualitas, didalamnya merefleksikan biaya kualitas untuk menghasilkan kualitas dan kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut”.Kinerja kualitas dianggap sebagai kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas yang disesuaikan dengan rancangan kualitas pada biaya produksi yang ekonomis (Crosby, 1996; Maiga dan Jacob, 2005; dalam Yuli Chomsatu, 2006:32).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar