Sabtu, 15 Januari 2022

Dimensi Kualitas Produk. (skripsi dan tesis)


Beberapa ahli maupun akademisi telah melakukan penelitian tentang
berbagai dimensi kualitas produk maupun jasa yang diinginkan oleh
konsumen yang tentunya perlu diketahui oleh perusahaan untuk memuaskan
kebutuhan konsumen.
Secara umum, Ruseel dan Taylor mengidentifikasi delapan dimensi
kualitas yang dapat digunakan untuk menganalisis karakteristik kualitas
barang, yaitu sebagai berikut (Munjiati M., 2015) :
a. Performance merupakan karakteristik dasar suatu produk, misalkan
kinerja gas pada mobil.
b. Feature merupakan kelengkapan atau tambahan item pada
keutamaan dasar suatu produk, misalkan adanya stereo CD pada
interior suatu mobil. 
c. Reliability adalah suatu keandalan suatu produk sesuai dengan yang
diharapkan, misalkan dalam beberapa kali pembelian produk yang
sama, kualitasnya sama bagusnya, misalkan makanan di restoran
cepat saji, makanan yang sama rasanya akan sama pada waktu
pembelian yang berbeda-beda.
d. Conformance merupakan kesesuaian dengan standar, misalkan
helem yang berkualitas sesuai dengan standar yaitu tidak mudah
pecah saat terjatuh.
e. Durability merupakan keawetan suatu produk, berkaitan dengan
jangka waktu pemakaian, misalnya tas yang berkualitas adalah tas
yang awet dipakai dalam beberapa tahun tidak rusak.
f. Serviceability adalah kemampuan suatu produk untuk diperbaiki,
misalkan jika ada suku cadang kendaraan bermotor yang rusak,
dapat diperbaiki ataupun diganti dengan suku cadang yang baru
dengan mudah, sehingga kendaraan bermotor tersebut segera dapat
digunakan kembali.
g. Aesthetic disini bagaimana bau, rasa, suara, maupun penampilan
suatu produk, misalkan rasa gurih pada produk donat, ataupun
harumnya parfum.

Tidak ada komentar: