Senin, 31 Januari 2022

Pengertian Kompetensi Guru (skripsi dan tesis)


Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005
tentang guru dan dosen pasal 1 bahwa kompetensi merupakan seperangkat
pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan
dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.
Crick (2008: 312) berpendapat bahwa kompetensi dideskripsikan sebagai
kombinasi yang kompleks antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap
seseorang untuk mewujudkan suatu keefektifan pada suatu konteks tertentu.
U.S Department of Education (2002: 1) juga berpendapat bahwa kompetensi
merupakan kombinasi keterampilan, kemampuan dan pengetahuan yang
diperlukan untuk melaksanakan tugas spesifik pada konteks tertentu. Hal
ini sejalan juga dengan pendapat Mission (2001:18) bahwa kompetensi
merupakan kombinasi pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap. Serta
pendapat Winterton dan Winterton (2002: 25) bahwa kompetensi yang
diadopsi oleh UK erat kaitannya dengan demonstrasi praktikal dari
keterampilan, pengetahuan dan pemahaman dalam suatu rencana pekerjaan
yang berhubungan dengan pencapaian tujuan pekerjaan. Berdasarkan
pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa kompetensi merupakan kombinasi
pengetahuan, keterampilan, dan sikap. 
Kompetensi tersebut berasal dari pendidikan atau pelatihan,
pengalaman belajar informal tertentu yang telah didapat, sehingga tugas
seseorang tersebut dapat tercapai (Payong , 2011: 17). Hal ini sejalan
dengan Permendikbud nomor 16 tahun 2007 mengenai standar kualifikasi
akademik dan kompetensi guru yang mensyaratkan standar minimum
pendidikan guru yaitu diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1), dan apabila
tidak dimungkinkan memiliki ijazah maka menggunakan uji kelayakan dan
kesetaraan. Hal ini mengharuskan bahwa seorang guru harus memenuhi
kualifikasi kompetensi tersebut.
Berdasarkan pendapat OECD (2005: 4) bahwa kompetensi lebih dari
hanya pengetahuan dan keterampilan, melibatkan kemampuan untuk
berhadapan dengan tuntutan yang kompleks, dengan menggambarkan dan
memobilisasi sumber psikososial (termasuk keterampilan dan sikap) pada
konteks tertentu. Finch dan Crunkilton (1999: 220) berpendapat bahwa
kompetensi merupakan tugas, keterampilan, sakap, nilai dan apresiasi yang
penting untuk sukses dalam hidup atau dalam pembelajaran. Sementara
Dobson (2003: 8) berpendapat bahwa kompetensi lebih dari hanya deskripsi
tentang tugas pekerjaan, meliputi pengukuran kompetensi dan membahas
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan seseorang untuk
melaksanakan pekerjaan sesuai standar.
Menurut Roelofs dan Sanders (2007: 127) kompetensi mengajar
dijelaskan melalui sifat-sifat guru, pengetahuan guru, perilaku guru, cara
guru berpikir, mengambilan keputusan dalam suatu situasi, dan berakibat 
pada kegiatan belajar. Menurut Brundrett dan Silcock (2002: 45)
kompetensi dalam pembelajaran suatu kurikulum dicapai dengan
manajemen perilaku, kecakapan teknis, regulasi budaya dan manipulasi
reflektif dari konteks kesadaran diri. Pengetahuan, keterampilan, sikap, dan
nilai-nilai adalah kompetensi guru yang diharapkan berdasarkan hasil
analisis PISA 2003 (Ljubetic, 2012: 2). Johnson (1979: 548) berpendapat
bahwa untuk meningkatkan pengajaran, guru memerlukan pengetahuan
tentang teknis dan aspek yang berhubungan dengan pekerjaanya,
bekerjasama dalam observasi praktik mengajar dari guru lain, membaca
tentang strategi mengajar, dan umpan balik tentang pembelajaran yang telah
dilakukan.
Darling-Hammond (2000: 3) berpendapat bahwa topik terkait
kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, variabel yang terkait
kemampuan akademik guru, lama pendidikan, lama pengalaman mengajar,
langkah-langkah menjelaskan materi, pengetahuan, status sertifikasi, dan
perilaku mengajar di dalam kelas. Fitzsimons (1997: 1) berpendapat bahwa
standar kompetensi guru dimunculkan lagi sebagai sebuah pemasalahan
pada bidang pendidikan, tujuannya untuk membantu pemerintahan tentang
pendidikan, legitimasi sitem, meningkatkan standar pendidikan guru, dan
mempromosikan mengajar sebagai sebuah profesi.

Tidak ada komentar: