Nilai belanja utilitarian didasarkan atas alasan rasional dalam belanja.
Zanjani et al. (2018) menyatakan bahwa umumnya konsumen yang lebih berumur
lebih dimotivasi oleh tujuan utilitarian, sedangkan konsumen yang lebih muda
dimotivasi oleh tujuan hedonis. Nilai belanja utilitarian cenderung lebih kuat
berkaitan dengan preferensi konsumen untuk retailer online (e-retailers) dan
pembelian online daripada nilai belanja hedonis. Rahman et al. (2018) berpendapat
bahwa motivasi belanja utilitarian konsumen cenderung meningkat pembelian
online mereka. Konsumen dengan nilai belanja utilitarian merasa bahwa lebih
mudah dan tidak menyusahkan untuk berbelanja secara online. Ketika konsumen
berbelanja online mereka akan mencari kenyamanan, kegunaan dan kemudahan
penggunaan, sehingga mereka cenderung memiliki gaya belanja yang dilandaskan
atas nilai utilitarian. Penelitian Rahman et al. (2018) menyatakan bahwa utilitarian
value ditemukan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap attitude toward
online purchasing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar