Kamis, 28 Mei 2020

Digital Influencer (skripsi dan tesis)

 Instagram Digital influence adalah kemampuan untuk mempengaruhi, merubah opini dan perilaku secara online, umumnya melalui social networking. Secara sederhana, digital influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh yang besar di sosial media. Para individu berpengaruh ini telah memiliki kepercayaan dari rekanrekan online-nya, dan opini mereka dapat memiliki dampak luar biasa untuk reputasi online, termasuk untuk produk/brand (Ryan & Jones, 2009). Aspek yang dilihat dari seorang digital influencer adalah Reach, Resonance dan Relevance (Solis 2012). Jika seorang digital influencer membuat posting di media sosial, berapa banyak follower yang melakukan engagement dengan postingan mereka melalui like, share, retweet, comment, klik terhadap link atau URL dari iklan, atau lebih jauh melakukan tindakan seperti misalnya mengisi form/pembelian. Engagement ini bisa terjadi jika para digital influencer dimaksud konsisten membangun komunikasi dengan followernya dan memiliki citra/reputasi yang cocok dengan produk yang ditawarkan. Reach merujuk pada jumlah followers dari digital influencer. Namun jumlah follower yang besar tidak selalu menjamin sukses. Yang lebih penting adalah mengetahui fans mana yang sesuai dengan target khalayak dari brand. Resonance adalah tingkat engagement dari follower dengan konten yang dibagikan influencer. Resonance yang menentukan apakah khalayak akan aktif meneruskan konten dari influencer lalu membagikannya lagi. Relevance menggambarkan level kesesuaian dan kesamaan antara nilai-nilai yang dianut digital influencer dan brand image produk. Relevance dapat berupa konten yang dibuat influencer, dan apakah influencer memilki value, budaya dan demografis yang sama dengan target khalayak brand. Dari uraian mengenai digital influencer dapat ditarik kesimpulan bahwa akun digital influencer yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mengubah opini dan perilaku secara online di media sosial. Opini mereka memiliki dampak yang luar biasa untuk reputasi produk atau brand

Tidak ada komentar: