Strategy
Social Media marketing adalah salah satu bentuk marketing yang menggunakan
media sosial untuk memasarkan suatu produk, jasa, brand atau isu dengan
memanfaatkan khalayak yang berpartisipasi di media sosial tersebut. Sedangkan
pendapat Trattne dalam jurnalnya yang berjudul
Facebook: A C mendefinisikan Social Media marketing sebagai sebuah
proses untuk mendapatkan website traffic atau perhatian massa melalui media sosial
yang tersedia. Media sosial tersebut juga dapat digunakan untuk mendorong seorang
konsumen untuk mengutarakan pendapatnya terhadap produk atau jasa yang
ditawarkan, dan mempublikasikan pendapatnya di dalam jaringan sosial di internet,
yang nantinya dapat meningkatkan pengetahuan akan konsumen yang membaca
komentar atau pendapat orang tersebut terhadap pasar maupun barang atau jasa yang
ditawarkan (Pineiro & Martinez, 2016).
Media sosial juga merupakan kumpulan dari aplikasi yang memberikan
kebebasan terhadap penggunanya. Media sosial hanya akan berhenti berfungsi jika
tidak ada lagi pengguna yang menulis atau mengutarakan pendapatnya ke dalam
aplikasi tersebut. Media sosial juga memiliki karakteristik dimana pesan yang
disampaikan oleh seorang pengguna tersampaikan tidak hanya pada satu pengguna
tetapi tersampaikan kepada banyak pengguna sekaligus, sehingga pesan yang
tersampaikan cenderung lebih cepat dari pada media lain (Tritama & Tarigan, 2016)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar